Forgot Password Register

Catat! Ini 5 Barang Disekitarmu yang Bisa Menjadi Sarang Bakteri

Ilustrasi bakteri (Foto: Pixabay) Ilustrasi bakteri (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Menjaga kesehatan bukan hanya dengan memperhatikan pola makan dan rajin berolahraga. Jika Kamu benar-benar ingin menjaga kesehatan, tentu saja harus memperhatikan banyak hal, termasuk benda-benda di sekitar kita yang mungkin sering kita pakai sehari-hari.

Kita tidak pernah menyadari jika benda-benda yang biasa kita gunakan setiap harinya itu benar-benar steril dari bakteri. Mungkin kita lebih berkonsentrasi terhadap hal lain dalam menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit, namun banyak hal sepele yang penting untuk diperhatikan.

Berikut ini adalah 5 barang yang sering kita pakai setiap hari dan merupakan sumber bakteri seperti dilansir dari cosmopolitan:

1. Karpet

Karpet merupakan barang yang paling memungkinkan menyimpan banyak bakteri. Bahannya yang berbulu dan penggunaanya yang kerap bersentuhan langsung dengan kaki, membuat karpet menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Jika selama ini kita menganggap cukup membersihkan karpet dengan vacum cleaner, itu salah besar.

Cuci karpet secara berkala, minimal dua sampai empat bulan sekali. Jika karpet sudah berumur lebih dari 20 tahun, sebaiknya diganti.

Baca juga: Viral di Sosial Media, Es Kepal Milo Bikin 'Ngiler'

2. Sisir

Berapa kali kamu menyisir rambut setiap harinya? Setiap kali kamu menyisir rambut, jutaan kuman yang berada di kepala akan berpindah ke sisir. Jangan malas membersihkan sisir untuk kebaikanmu sendiri, paling tidak satu minggu sekali.

Membersihkan sisir sebaiknya dicuci dengan shampo dan air hangat. Buang pula semua rambut yang menempel di sisir hingga bersih, setelah itu gosok menggunakan alkohol ke seluruh bagian sisir hingga merata agar steril.

3. Handuk

Handuk merupakan barang yang setiap hari kamu gunakan selesai mandi. Hindarilah untuk bertukar handuk bersama teman. Handuk tak hanya mampu menyerap air, namun juga berpotensi menjadi sarang bakteri. Rutinlah untuk mencuci handuk semingu sekali agar terjaga kebersihannya.

4. Kasur dan Bantal

Tidak terasa mungkin kita kerap menghabiskan waktu di tempat tidur, atau bahkan melakukan kegiatan disana. Dengan berbagai aktivitas, tentu saja kemungkinan besar kasur akan menajdi sarang bakteri. Bahkan saat kita beristirahat, banyak bakteri yang keluar dari tubuh dan berpindah ke kasur atau bantal.

Baca juga: Sushi Makanan Sehat, Tapi Jadi 'Berbahaya'Jika...

Rajinlah untuk mencuci seprai dan alas bantal, atau menggantinya seminggu sekali. Saat akan menaiki tempat tidur biasakan untuk mencuci kaki dan tangan demi menjaga kebersihan.

5. Alat Masak

Mungkin bukan baru sekali kamu mendengar bahwa alat masak seperti wajan atau rice cooker yang sudah tergores sebenarnya tidak lagi disarankan untuk digunakan. Hal ini karena alat tersebut sudah tidak terlindungi lagi dari bakteri, sehingga bahan kimia pada wajan akan terserap pada makanan dan berdampak negatif bagi sistem imun dan hormon.

‬Tak hanya itu,‭ ‬hal ini juga meningkatkan efek karsinogenik yang berakibat langsung pada munculnya penyakit kanker.‭ ‬Cuci wajan dengan hati-hati setiap selesai digunakan,‭ ‬dan segera ganti ketika pelindung wajan sudah mulai terlihat lecet.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More