Forgot Password Register

Catat! Ini Ketentuan Dapatkan Kuota Motor Gratis Saat Lebaran

Sejumlah pengendara motor memadati jalan raya. (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika) Sejumlah pengendara motor memadati jalan raya. (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) menyiapkan 18.096 unit motor dalam program angkutan motor gratis Lebaran 2018. Angkutan motor gratis akan diberlakukan selama 13 hari, mulai 8 Juni hingga dengan 25 Juni 2018.

"Kami sudah menyediakan kapasitas sebanyak 18.096 unit motor dan kami juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk program angkutan motor gratis ini," kata Direktur Operasi KAI, Slamet Suseno, Senin (12/3/2018).

Ia menjelaskan pendaftaran dimulai secara daring (online) melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dimulai dari 9 Februari hingga 24 Juni 2018.

Baca juga: KAI Siapkan Ribuan Kursi per Hari untuk Angkutan Lebaran 2018

Ia menjelaskan, pendaftaran langsung motor dilakukan di stasiun yang ditunjuk, mulai 9 Februari sampai 9 Mei 2018 untuk Fasilitas tiket KA Ekonomi PSO dan KA Ekonomi Non-PSO). Serta, dari awal penjualan tiket KA Tambahan hingga hari ke-30 KA penjualan KA tambahan di Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru dan lainnya.

Pada periode tanggal yang sama, juga terdapat pendaftaran langsung motor yang tidak difasilitasi pemesanan tiket dan pendaftaran langsung motor untuk contra flow atau daerah di stasiun persinggahan KA Motis di daerah.

Baca juga: Indonesia Kantongi Komitmen Kucuran Utang dari AIIB

"Angkutan motor gratis terbagi menjadi tiga relasi, yaitu relasi pertama, Lintas Utara, Lintas Selatan 1 dan Lintas Selatan 2," katanya.

Lintas Utara, yaitu Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Surabaya Pasar Turi (PP), Lintas Selatan 1 Stasiun Jakarta-Gudang-Stasiun Kutoarjo (PP) dan ketiga, Lintas Selatan 2 Stasiun Jakarta-Gudang-Stasiun Blitar (PP).

Total kapasitas tiket KA bagi penumpang yang mengikuti angkutan motor gratis sebanyak 67.818 tempat duduk.

Baca juga: Gaji Presiden Diisukan Bakal Naik Drastis? Ini Kata Sri Mulyani

"Tiket KA penumpang untuk angkutan motor gratis tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan. Penyerahan bukti pemesanan tiket dilakukan pada saat peserta angkutan motor gratis menyerahkan motor," pungkasnya.

Sementara itu, KA penumpang yang disebut mendukung angkutan tiket peserta motor gratis, yaitu KA Progo (Pasar Senen-Yogyakarta), KA Harina (Bandung-Surabaya Pasar Turi), KA Tawang Jaya (Pasar Senen-Cirebon Prujakan - Semarang Poncol), KA Serayu Pagi (Pasar Senen - Kroya - Purwokerto) dan sebagainya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More