Forgot Password Register

Cegah Konten Negatif, Dua Fitur Penting Ini Sering Terlupakan

Cegah Konten Negatif, Dua Fitur Penting Ini Sering Terlupakan Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Pernah bertanya-tanya mengapa konten negatif sering kali viral di media sosial, padahal konten tersebut tidaklah etis dan tidak pantas. Sadar atau tidak itu karena perilaku kita sendiri di media sosial yang mengabaikan dua fitur penting yakni block dan report (lapor).

Baca juga: Instagram Keluarkan Stiker Pemilu Karya Komikus Indonesia

"Bukan remaja dan orang tua saja, kita pun ketika menggunakan sosial media ada dua fitur dilupakan. Ada tiga fitur yang sering digunakan (like, komentar, bagikan), padahal ada fitur block dan lapor sering dilupakan," ungkap Ahli IT Acep Syaripudin sekaligus Anggota ICT Watch dalam diskusi Ngobras di Menteng, Jakarta Pusat (15/4/2019).

Mirisnya, banyak orang yang tak paham, saat hanya sekedar menonton, like atau komen dan membagikan konten negatif seperti kekerasan, pornografi, kabar bohong dan ujaran kebencian, maka secara tidak sadar konten itu akan viral dan ditonton orang lain bahkan oleh anak kecil.

"Waktu ramai terjadi ada video pelajar sawer guru, itu negatif, apa reaksi orang tua, marah-marah, bahasa kebun binatang keluar semua, walau tidak setuju secara tidak langsung membuat viral," ungkap Acep.

Baca juga: Sekarang Bisa Pilih Siapa yang Bisa Memasukkan Anda ke Grup WhatsApp

Karena sebagai orang yang rutin melakukan blok konten negatif, ia minta masyarakat semakin sadar, bahwa tidak memanfaatkan dua fitur ini dan sekedar menonton sambil mengumpat tidaklah menyelesaikan masalah. Mulailah dari diri sendiri jadi orang yang menyaring tontonan.

"Makanya ada dua fitur yang terlupakan bisa block atau tidak puas report (lapor) saja, bahwa konten itu tidak pantas biarkan platform (media sosial) itu yang take down," paparnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More