Forgot Password Register

Cegah Korupsi Sejak Dini, ICW Luncurkan Akademi Antikorupsi

Peluncuran Akademi Antikorupsi. (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi) Peluncuran Akademi Antikorupsi. (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) resmi meluncurkan Akademi Antikorupsi, sebuah sistem pembelajaran anti korupsi secara online. Nantinya Akademi Antikorupsi diharapkan bisa diterapkan diberbagai sekolah dan perguruan tinggi.

"Kita perlu mempelajari segala aspek tentang korupsi supaya bisa melawan korupsi," ujar Koordinator ICW Adnan Topan Husodo dalam sambutannya di Auditorium Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (19/4/2018).

Baca juga: Kasus Century Mencuat, Mantan Ajudan Boediono Jadi Deputi Penindakan KPK

Keprihatinan terhadap tindak pidana korupsi di Indonesia, kata Adnan, akan semakin efektif jika ditetapkan ke dalam bidang pendidikan di tengah perilaku korupsi yang masih subur, bahkan dengan berbagai modus yang lebih canggih.

"Keprihatinan terhadap korupsi yang masih menjadi persoalan utama bangsa ini untuk mengejar kemajuan ekonomi dan menjadi penghalang utama untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera," ujar Adnan.

Ada enam mata kuliah yang ditawarkan ICW, diantaranya Pengantar Korupsi untuk Remaja, Pengantar Korupsi untuk Mahasiswa/Dewasa, Pedagogi Kritis dan Pendidikan Antikorupsi, Sosilogi Korupsi, Pengantar Hukum Korulsi, serta Korupsi dan Kemiskinan.

Baca juga: Galau Soal Status Boediono, KPK Minta Masukan Para Ahli

Nantinya materi kuliah akan disampaikan oleh para aktivis antikorupsi dan para dosen tamu dari kalangan akademisi maupun praktisi pemberantasan korupsi. Mata kuliah ini, diterapkan ICW melalui media internet, meskipun nantinya akan ada yang berlangsung secara tatap muka.

Dalam peluncuran itu hadir juga Ketua KPK Agus Rahadjo, Menteri Kelautan dan Perikanan Pudjiastuti, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More