Forgot Password Register

Cek! Pastikan Garis Hitam di Kartu Debetmu Tak Terhapus

Cek! Pastikan Garis Hitam di Kartu Debetmu Tak Terhapus Mesin ATM (Ilustrasi: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Kalian pasti sudah tidak asing dengan kartu yang satu ini. Yups, kartu debet atau biasa kalian sebut kartu ATM menjadi salah satu fasilitas yang diberikan oleh perbankan kepada nasabahnya.

Tapi tahukan kalian, selain memiliki masa berlaku atau biasa ditandai dengan adanya valid thru, kartu debet anda juga dilengkapi dengan garis hitam memanjang yang berada paling atas yang berfungsi sebagai pengaman. 

Baca juga: Duh! Penerimaan Pajak Turun, Sri Mulyani: Perekonomian Alami Penurunan

Nah garis hitam itu tidak boleh rusak, karena mesin ATM akan mengakses rekening tabungan nasabah melalui scaning dari pita hitam yang ada di kartu ATM. Apabila garis hitam tersebut rusak seperti tergores, terkelupas, sobek, patah atau lainnya maka kartu ATM tidak bisa digunakan.

Itu artinya kartu ATM yang garis hitamnya rusak makan akan dinyatakan rusak juga oleh mesin ATM karena tidak bisa membaca. Perlu diketahui bahwa garis hitam pada kartu ATM disebut dengan magentik strip. 

Baca juga: Bukan Gertak Sambal, China Siapkan Tarif Impor AS Sebesar USD60 Miliar

Dikutip info perbankan, jika garis hitam atau magnetik strip pada kartu ATM anda rusak, maka anda harus melakukan pergantian kartu ATM.

Sama seperti penggantian ATM yang expired, permintaan kartu ATM ini juga disertai dengan membawa buku tabungan, KTP dan kartu ATM.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More