Forgot Password Register

Cerita Petugas Keamanan Stasiun Senen, Saksi Mata Perjuangan Pemudik

Cerita Petugas Keamanan Stasiun Senen, Saksi Mata Perjuangan Pemudik Suasana Stasiun Pasar Senen (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Mudik ke kampung halaman pada momen Hari Raya Idul Fitri menggunakan kereta api masih menjadi primadona. Selain rasa nyaman, bebas terhindar dari macet panjang juga menjadi alasannya. 

Namun, perjuangan untuk mendapatkannya tiket kereta api di musim mudik tak semudah yang dibayangkan.

Baca juga: Miris, Cerita Perjuangan Calon Pemudik Demi Berlebaran di Kampung Halaman

Wahyu, petugas keamanan di Stasiun Pasar Senen menceritakan bagaimana perjuangan calon pemudik untuk mendapatkan tiket. Menurut Wahyu, calon pemudik rela begadang menanti loket dibuka pada pukul 04.30 WIB untuk mendapatkan tiket, karena infomasi adanya tiket tambahan sebanyak 13 ribu kursi per hari untuk mudik lebaran yang disediakan PT Kereta Api Indonesia.

"Kalau antri masih mending, ini kebanyakan nginep dari jam 12 malem sampe pagi," kata Wahyu kepada Pantau.com di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Wahyu Petugas Keamanan Stasiun Pasar Senen (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)


Wahyu menjelaskan, bagaimana para penumpang antusias untuk mendapatkan tiket di loket secara manual, demi mendapatkan tiket kereta lebaran.

"Padahal ada sistem online, mungkin mereka penasaran siapa tau masih ada tiket tersisa di loket," ujarnya.

Saat mengetahui tiket sudah habis, lanjut Wahyu, tak jarang penumpang pulang dengan raut wajah kecewa dan sedih karena harapannya pupus untuk menggunakan kereta menuju halaman.

Rata-rata sih kecewa pada pulang lagi tadi pagi. Tapi banyak juga yang penasaran tunggu siang, eh tetap enggak ada juga. Kebanyakan kecewa karena enggak ada kuota untuk bisa langsung beli tiket di loket," kata dia.

Baca juga: Sandiaga Uno Klaim LRT Akan Beroperasi Juli Mendatang

Meski begitu, ia bersyukur tahun ini tidak semrawut dan ricuh seperti tahun-tahun sebelumnya, karena adanya sistem online.

Sementara itu berdasarkan pengamatan Pantau.com di lokasi, banyak penumpang yang rela kembali pulang karena tidak mendapat tiket sebelum lebaran, dan tak sedikit pula yang pasrah membeli tiket yang setelah Idul Fitri. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More