Forgot Password Register

Cuma di Daerah ini Kalian Bisa Makan Durian Enak Harga Rp10.000

Cuma di Daerah ini Kalian Bisa Makan Durian Enak Harga Rp10.000 Ilustrasi buah durian. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Masih enggak percaya? nih kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Chandra mengatakan sentra produksi durian terdapat di Kabupaten Agam, Kabupaten Solok, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupatan Padang Pariaman. 

Sementara, data BPS lainnya produksi durian di Kabupaten Solok 2016 sebesar 2.375 ton dan pada 2017 mencapai5.467 ton.

"Artinya naik 43,44 persen sedangkan produksi durian di Provinsi Sumatera Barat 2016 sebesar 43.886 ton dan 2017 sebesar 74.539 ton atau naik sebesar 58,87 persen," katanya dalam keterangan presnya.

Baca juga: Mahal Sih... tapi Yakin Parfum Sobat Pantau Asli bukan Oplosan? (Bagian II)

Salah satu pohon durian yang tumbuh di kebun lokasi panen adalah durian jenis Matahari yang pada saat panen raya mampu berbuah hingga 1.000 butir per pohon, namun harga durian di kebun masih murah yaitu Rp10.000 per butir dan harga di pasar/konsumen hanya Rp15.000 hingga Rp20.000 per butir.

Anjung, petani durian menuturkan hal ini berbeda dengan di Jakarta bisa mencapai harga Rp40.000-Rp50.000 per butir.

"Perbedaan harga tersebut justru merupakan sebuah peluang bisnis yang cukup terbuka. Kita memiliki durian lokal yang unik, belum ada di daerah lain, jenis madu dan racun yang bisa berbuah hingga mencapai berat 8 kilogram per butir," tutur Anjung.

Baca juga: Sobat Pantau, Profesi Insinyur di Indonesia Masih Sedikit Nih

Petani pemilik 40 hektare kebun durian ini justru berkilah, satu butir durian madu racun tidak akan habis 4 orang kilah. Saking besarnya durian ini sehingga sering disebut dengan durian gallon. Pohon durian ini bisa berbuah 800 sampai 1.000 buah perpohon.

"Bulan ini sudah mulai berbuah akan dipanen pada bulan Februari tahun depan," ujar Anjung.

Anjung juga menjelaskan dikebunnya terdapat durian jenis Bango yang salah satu keisitimewaannya memiliki rasa tidak kalah dengan durian Musang King. Satu butir durian Bango bisa dijual Rp350.000 per butir. 

Menurutnya, supaya pohon durian berbuah lebat, caranya menerapkan aturan tanaman sesuai dengan kaidah SOP.

"Kami benar-benar mengikuti setiap tumbuh kembangnya durian seperti pada pemberian pupuk organik, pencegahan hama penyakit dan sebagainya," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More