Forgot Password Register

Cuma Di Meksiko, Transgender Bisa Dapat Akte Kelahiran Baru

Cuma Di Meksiko, Transgender Bisa Dapat Akte Kelahiran Baru Miss Spanyol Angela Ponce, peserta transgender pertama di Miss Universe 2018 (Foto: Instagram/Angelaponceofficial)

Pantau.com - Mahkamah Agung Meksiko meminta negara bagian Jalisco Ugan untuk memberikan akte kelahiran baru bagi seorang warga setempat gyang telah berganti kelamin dan nama.

Keputusan tersebut merupakan suatu langkah maju untuk persamaan hak di negara yang masyarakatnya kolot.

"Seperti yang juga dilakukan Mahkamah Agung pada kasus yang lain, setiap orang mempunyai hak untuk menetapkan jati diri gender dan tanggung jawab negara lah untuk menjamin keputusan seperti itu, yang dinyatakan dalam dokumen berbeda, terutama untuk akta lahir," demikian pernyataan MA.

Baca juga: Pesawat Jet Pribadi Jatuh di Meksiko, 13 Penumpang Tewas

Pengadilan mengatakan, seseorang, yang tidak disebutkan jati dirinya, dapat langsung meminta ke kantor catatan sipil suatu akta lahir baru, yang diajukan untuk data resmi dan prosedur birokrasi di Meksiko.

Pada Januari, pengadilan menetapkan aturan bagi pasangan sejenis untuk mempunyai hak jaminan sosial dari pasangannya yang meninggal setelah Lembaga Jaminan Sosial Meksiko menyatakan bahwa jaminan tersebut tidak bisa diberikan bagi pasangan homoseksual.

Baca juga: Demonstran Kepung Meksiko Tuntut Pengunduran Diri Presiden Obrador

Share :
Komentar :

Terkait

Read More