Forgot Password Register

Daging Ayam Semakin Mahal di Pasaran Jelang H-1 Lebaran

Daging Ayam Semakin Mahal di Pasaran Jelang  H-1 Lebaran Penjual ayam potong melayani pembeli di Pasar Kebayoran Lama (Foto:Antara/Hafidz Mubarak)

Pantau.com - Sehari menjelang Idul Fitri 1439 Hijriah harga daging ayam mengalami kenaikan hingga tembus Rp45.000 per kilogram di Pasar Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (14/6/2018).

Harga itu terbilang tinggi daripada harga sebelumnya, yakni sekitar Rp35.000 sampai Rp38.000 per kilogram.

Kenaikan harga daging ayam ini seiring dengan tingginya permintaan masyarakat untuk keperluan Lebaran. Hidangan opor ayam menjadi salah satu menu favorit yang tersaji di masyarakat saat Lebaran.

Baca juga: H-2 Lebaran, Aktivitas Pertokoan Emas Jakarta Masih Ramai

Menurut Asep, pedagang daging ayam di Pasar Bogor, harga daging ayam tidak bisa ditawar, kenaikannya sudah langsung terjadi dari pemotongnya.

"Sudah naik sejak Ramadhan, dari distributornya sudah segitu harganya," katanya.

Harga daging sapi yang sebelumnya Rp120 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp130 ribu per kilogram.

Penjualan daging dan ayam menjelang Idul Fitri memang meningkat daripada hari-hari biasanya. Bahkan, banyak pedagang kaki lima bermunculan menjajakan daging di lapak-lapak di luar pasar.

Nurhayati (56), salah satu konsumen di Pasar Bogor mengatakan segala kebutuhan pokok yang berkaitan dengan Lebaran melambung harganya, seperti kelapa parut yang biasanya Rp7.000 sampai Rp8.000 kini menjadi Rp10.000.

Baca juga: Resmi Dioperasikan, Harga Normal Kereta 'Sleeper' Masih Dihitung Tapi......

"Orang-orang mencari untung jelang Lebaran," katanya.

Sementara itu, dalam situs info pangan tercacat, harga ayam berada di posisi Rp37.237 per ekor dimana hal itu terpantau naik sekitar Rp1.162. Sedangkan untuk telur menjadi Rp23.941 per kilogram.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More