Forgot Password Register

Dapur di Sydney Ini Beri Makan Gelandangan Selama 30 Tahun

Dapur di Sydney Ini Beri Makan Gelandangan Selama 30 Tahun St. Canice's Kitchen menyediakan 50 ribu makanan bagi kaum gelandangan di Sydney. (Foto: ABC Sydney/Harriet Tatham)

Pantau.com - Tepat Pukul 10:00 pagi, di sebuah ruang dapur kecil di daerah Kings Cross, Sydney, puluhan relawan dengan apron di badan dan bahan makanan sumbangan dermawan, mulai sibuk menyiapkan makan siang bagi 130 orang.

Melansir ABC, Jumat (12/20/2018), bukan pekerjaan ringan. Namun bagi para relawan di dapur St Canice's Kitchen yang sudah 30 tahun beroperasi, resepnya tak asing lagi.

"Saya tidak menyangka ada tempat seperti ini," ujar Michael Coleman, gelandangan yang tengah menyantap ayam panggang, nasi goreng, ham dan salada. Dia juga mendapatkan kue sebagai makanan penutup.

"Makanan yang mereka sajikan kira-kira berharga $20 atau $30 jika Anda beli di restoran," ujarnya.

Meskipun terikat dengan Gereja Katolik St Canice, namun dapur ini terbuka bagi kaum gelandangan dari latar belakang agama apa pun.

Michael Coleman menjadi gelandangan karena kehilangan kunci rumah dan belum punya uang bayar tukang kunci untuk membuka pintu rumahnya. (Foto: ABC Sydney/Harriet Tatham)

Dalam sepekan para relawan yang terdiri atas pensiunan dokter, petani dan jamaah gereja, menyiapkan makan siang antara Pukul 11:00 siang hingga 12:30 malam. "Kami berharap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat," ujar Suster Sheelah Mary, yang sudah jadi relawan selama 18 tahun.

"Jumlahnya semakin bertambah. Jumlah wanita sekarang lebih banyak daripada biasanya," jelasnya.

Gelandangan pria yang datang ke sana, katanya, tetap lebih banyak dibanding yang perempuan.

Baca juga: Tak Disangka, Bahan Dapur Ini Bisa Hilangkan Daki, Lho...

Share :
Komentar :

Terkait

Read More