Forgot Password Register

Darah Tinggi Bisa Dipulihkan Hanya dengan 14 Hari Hidup Sehat

Ilustrasi gaya hidup sehat (Foto: Pixybay) Ilustrasi gaya hidup sehat (Foto: Pixybay)

Pantau.com - Tekanan darah tinggi ternyata bisa dipulihkan dengan menerapkan gaya hidup sehat dan olahraga teratur hanya dalam waktu 14 hari.

Hal itu terungkap penelitian baru yang dipresentasikan dipertemuan tahunan American Society for Nutrition. 

Melansir Newsmax, Selasa (12/6/2018), seorang dokter bernama David Brownstein yang juga penulis buku Natural Way to Health mengatakan dirinya telah membuktikan hal tersebut. 

"Saya telah mengubah gaya hidup untuk menurunkan tekanan darah dalam praktik saya selama 25 tahun dan itu juga berhasil pada lebih dari 95 persen orang," kata Brownstein.

Hal itu didukung dengan pernyataan dari profesor dari Andrews University, Amerika Serikat, M. Alfredo Mejia. Menurutnya penurunan tekanan darah yang signifikansi bisa mengurangi risiko penyakit jantung atau stroke. 

Baca juga: Lebaran Tahun Ini Kaftan Batik Bakal Jadi Tren

"Dengan mengadaptasi prinsip kesehatan gaya hidup yang dipilih, setengah dari orang-orang dalam penelitian kami mencapai tekanan darah normal dalam dua minggu sambil menghindari efek samping dan biaya yang terkait dengan obat tekanan darah," kata Meija. 

Gaya hidup yang kerap dilakukan berupa pola makan vegan, berjalan di luar setiap hari, minum air mineral dalam jumlah banyak, dan cukup tidur setiap hari. 

Program pola makan vegan terdiri dari makanan seperti kacang polong, gandum utuh, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, alpukat, susu kedelai, susu almond, dan roti gandum.

Untuk penelitian ini, para peneliti menganilis data dari 117 orang dengan tekanan darah tinggi yang telah berpartisipasi dalam program Gaya Hidup Newstart di Weimer Institute selama 14 hari.

Setelah dua minggu, setengah dari peserta mencapai tekanan darah sistolik yang dianjurkan yakni di bawah 120 mmHg. 

Baca juga: Amankah Mengonsumsi Obat Flu Bagi Ibu Hamil?

Program ini menurunkan tekanan darah secara efektif dalam berbagai jenis individu, termasuk pria dan wanita sehat dan orang-orang dengan diabetes atau yang mengalami obesitas, dan mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Penurunan tekanan darah itu setara dengan menggunakan tiga obat standar setengah dosis untuk tekanan darah. Selain itu, 93 persen dari peserta mampu mengurangi dosis (24 persen) atau menghilangkan obat tekanan darah mereka (69 persen).

"Mengubah gaya hidup adalah hal pertama yang harus dilakukan ketika menyadari tekanan darah meningkat. Ini adalah sesuatu yang dapat dilakukan sendiri, dan sesuatu yang harus direkomendasikan setiap dokter sebelum memulai seseorang dengan obat-obatan," kata Brownstein.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More