Forgot Password Register

Dari Sekian Banyak Jenisnya, Madu Ini jadi 'Rajanya Obat'

Ilustrasi madu (Foto: Pixabay) Ilustrasi madu (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Madu dikenal memiliki beragam khasiat sejak ribuan tahun lalu, sehingga tak heran bila benda ini dijuluki 'rajanya obat'.

Ilmuwan Dr. Ir. Roy Alexander Sparring, M.App.Sc, Ph.D sepakat bahwa madu, khususnya madu yang berasal dari Selandia Baru atau dikenal madu Manuka merupakan superfood.

Dinamakan madu Manuka karena lebah penghasil madu hanya makan dari pohon manuka, yang dikenal sebagai tanaman obat oleh orang Maori Selandia Baru sebagai obat anti-inflamasi dan penyembuhan.

"Komponen antibakterial ini ditemukan pada madu Manuka yang disebut MGO (methylglyoxal)," sebut Roy saat ditemui dalam acara Manuka Health di Jakarta, Rabu, 10 Oktober 2018.

Baca juga: Madu Ini Memiliki Khasiat 4 Kali Lipat dari Madu Biasa

Antibakterial dalam madu Manuka itu menghambat bakteri yang berkaitan dengan pembentukan plak, kerusakan gigi dan penyakit gusi, sakit tenggorokan hingga menenangkan batuk kering.

"Madu itu dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, mencegah flu dan memulihkan luka yang sifatnya topikal," imbuh Advisor New Zealand Embassy itu.

Baca juga: Cara Mudah Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Ia menambahkan bahwa masalah kulit, seperti jerawat, luka gores, luka bakar dapat diatasi dengan madu. Sebab, madu Manuka ini memiliki efek bakterial.

"Sebaiknya, pemberian madu sendiri itu diberikan pada anak di atas usia 2 tahun karena daya tahan tubuhnya sudah kuat," pungkas Roy.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More