Forgot Password Register

Deretan Pengusaha yang Kepincut Jadi Politisi (Bagian I)

Petugas merapihkan bendera peserta partai politik (Foto: Antara/ Reno Esnir) Petugas merapihkan bendera peserta partai politik (Foto: Antara/ Reno Esnir)

Pantau.com - Indonesia tahun 2019 nanti akan menggelar pesta demokrasi pemilihan Presiden. Namun, setiap kali berbicara soal politik, tentu selalu ada orang-orang yang berduit alias pengusaha.

Para pengusaha ini memang awalnya tak langsung terjun perpolitikan. Mereka ada yang bermula membuat organisasi masyarakat kemudian berujung jadi partai. 

Berikut Pantau.com sajikan beberapa politisi yang akhirnya kepincut masuk partai;

1. Jusuf Kalla


Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Presiden Joko Widodo (Foto: Antara)

Baca juga: Gempa Tak Urungkan Gelaran IMF, Garuda Mulai Siapkan Penerbangan Ekstra

Wakil Presiden RI yang menjabat selama dua periode ini adalah seorang pengusaha sukses di Sulawesi Selatan. Puluhan perusahaan sudah dibangun JK di Makassar. Tahun 1968, Jusuf Kalla menjadi CEO dari NV Hadji Kalla. Di bawah kepemimpinannya, NV Hadji Kalla berkembang dari sekadar bisnis ekspor-impor, meluas ke bidang-bidang perhotelan, konstruksi, pejualan kendaraan, perkapalan, real estate, transportasi, peternakan udang, kelapa sawit, dan telekomunikasi.

Namun, JK akhirnya menerima pinangan Presiden ke 4, Abdurrahman Wahid menjadi menteri. Tetapi akhirnya mundur dan masuk pusaran calon Wakil Presiden bersama Susilo Bambang Yudhoyono.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More