Pantau Flash
Sri Mulyani: RI Fokus Konsumsi Domestik Meski Perlambatan Ekonomi Global
Vicky Nitinegoro Ditangkap, Polisi Periksa Liquid Vape Terkait Narkoba
Kapolri Sebut Pelarangan Demonstrasi Agar Negara Tak Kecolongan
4 Hari Lagi, Yahoo Tutup Layanan Group dan Seluruh Konten
Akses Keluar Tol Slipi Arah Gatot Subroto Ditutup karena Isu Demo

Desain Baru Uang Kertas Inggris £20 Rentan Dipalsukan

Headline
Desain Baru Uang Kertas Inggris £20 Rentan Dipalsukan Uang kertas £20 (Foto: Getty Image)

Pantau.com - Desain baru uang kertas Inggris senilai £20 yang paling umum, dan paling mudah dipalsukan, telah diluncurkan oleh Bank of England.

Fitur keamanan pada uang kertas £20 berikutnya, yang menampilkan artis JMW Turner, akan mencakup dua jendela tembus pada catatan dan hologram logam.

Pada semester pertama tahun ini, 88 persen dari pemalsuan uang kertas yang terdeteksi adalah £ 20, statistik Bank menunjukkan.

Desain baru, yang digambarkan oleh Bank sebagai yang paling aman, memasuki sirkulasi pada 20 Februari tahun depan.

Mengapa uang kertas £20 penting?

Uang kertas yang paling umum beredar di Inggris adalah uang kertas £20, dengan dua miliar di antaranya dalam sistem. Itu adalah dua kali lipat jumlah uang kertas £10 yang beredar, dan jauh lebih besar dari jumlah uang kertas £5 dan uang kertas £50. Popularitas nota adalah bagian dari alasan mengapa nota itu juga paling mungkin dipalsukan.

Bank menemukan 228.000 uang kertas palsu di semester pertama tahun ini, di mana 201.000 adalah uang kertas £20. Data ini menunjukan uang £20 menjadi uang kertas Bank of England yang paling sering ditempa dalam 10 tahun terakhir.

Uang kertas £20 yang baru akan menjadi yang pertama menampilkan tanda tangan Sarah John, kepala kasir Bank, yang mengatakan: "Uang kertas £20 yang baru adalah bagian penting dari komitmen kami untuk menyediakan uang kertas yang dapat digunakan orang dengan percaya diri.

"Uang kertas polimer kami jauh lebih sulit untuk dipalsukan dan, dengan £20 sebagai uang kertas kami yang paling umum, ini menandai langkah besar ke depan dalam perjuangan kami melawan pemalsuan."

Seperti apa bentuk uang kertas yang baru?

Sisi sebaliknya akan menampilkan Turner dan lukisannya yang terkenal. Uang kertas itu akan menampilkan potret diri Turner, dari tahun 1799, saat ini dipajang di Tate Britain, dan salah satu lukisannya yang paling terkenal The Fighting Temeraire yang dapat dilihat di Galeri Nasional.

Kutipan pada uang kertas "Cahaya karena itu warna" berasal dari ceramah tahun 1818 oleh Turner di Royal Academy, di mana pertama kali dipamerkan pada usia 15 tahun. Tanda tangannya berasal dari kemauannya di mana ia mewariskan karyanya kepada bangsa.

Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi