Forgot Password Register

Detik-detik Mencekam Pesawat Antariksa AS-Rusia Gagal Terbang ke Stasiun Luar Angkasa

Detik-detik Mencekam Pesawat Antariksa AS-Rusia Gagal Terbang ke Stasiun Luar Angkasa Pendaratan darurat Soyuz di Kazakstan. (Foto: Militer Rusia)

Pantau.com - Kosmonot Rusia dan astronot Amerika Serikat harus melakukan pendaratan darurat di Kazakstan dengan Soyuz pada Kamis (11 Oktober 2018). Setelah, gagal dalam peluncuran ke Stasiun Luar Angkasa (ISS). Soyuz dianggap sangat aman, dalam pendaratan darurat. 

Di roket antariksa tersebut diisi oleh komandan Rusia Aleksey Ovchinin (yang melakukan perjalanan kedua ke orbit), dan astronot rookie Nick Hague, seorang pilot uji ace, yang telah menunggu lima tahun sejak terpilih sebagai astronot NASA untuk kesempatan ini.

Dari rekaman video yang dilihat Pantau.com dari Russia Today, Jumat (12/10/2018), kedua awak pesawat tersebut dilengkapi dengan pengamanan yang baik. Keduanya pun tampak tenang. 

Baca juga: Duh, Dua Awak Roket Antariksa Lakukan Pendaratan Pasca Gagal dalam Peluncuran ke ISS

Dalam gerak lambat, roket itu tampak melayang, kemudian berakselerasi di atas gurun Kazakh, menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Namun, kejadian nahas terjadi. Saat monitor memperlihatkan ketinggian pesawat semakin naik, detik 123 roket antariksa tersebut kelihangan kecepatannya. Tepatnya pada 123 penerbangan, sistem darurat diaktifkan. Soyuz pun melepaskan diri dari dari roket dan jatuh menghantam tanah.

Baca juga: Gempa 7.0 Skala Ritcher Guncang Papua Nugini

NASA mengatakan, kapal Soyuz yang membawa mereka dipisahkan dari roket Rusia dan terjun 50 kilometer (30 mil) ke permukaan dengan bantuan parasut yang memperlambat kecepatan Soyuz. Kepulan pasir terjadi saat Soyuz mendarat di permukaan dengan keturunan curam balistik.

Petugas penyelamat dengan cepat mencapai tempat Hauge dan Ovchinin mendarat.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More