Forgot Password Register

Di KTT ASEAN, Jokowi Ajak Negara-negara Kerjasama di Bidang Keamanan Siber

Di KTT ASEAN, Jokowi Ajak Negara-negara Kerjasama di Bidang Keamanan Siber Presiden Joko Widodo (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap serangan siber di hadapan pemimpin dan kepala negara ASEAN yang hadir dalam KTT ASEAN ke-32 di Singapura.

Saat berpidato pada Rapat Pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-32 ASEAN di The Istana Singapura, Jumat malam (27/4/2018), Jokowi mengatakan perlunya kerja sama yang lebih erat di ranah teknologi digital dan keamanan siber antara negara-negara anggota ASEAN.

Baca juga: Bertemu Presiden Myanmar, Jokowi Dorong Perdamaian di Rakhine

"Kita tahu terdapat penyalahgunaan data pribadi dari pengguna Facebook. Di ASEAN kita perlu memastikan kerangka kerjasama di bidang keamanan siber juga memuat pelindungan data pribadi. Untuk itu kerjasama siber merupakan keharusan," ucapnya.

Selain itu, Presiden Jokowi mengatakan bahwa potensi ASEAN di bidang e-commerce sangat besar. Menurutnya, pada 2025 pengguna internet ASEAN akan meningkat 3 kali lipat menjadi 600 juta.

Baca juga: Jokowi Beri Ucapan Selamat kepada Presiden Baru Myanmar

"Pembelanjaan e-commerce diproyeksikan mencapai hampir USD90 miliar dan total ekonomi berbasis internet akan mencapai USD200 miliar," kata Presiden Jokowi.

Oleh karena itu, kawasan ASEAN dinilai perlu membangun kerja sama yang lebih erat antara negara-negara anggota ASEAN dalam hal pengembangan kebijakan keamanan siber dan inisiatif capacity building, melalui the ASEAN Cyber Capacity Programme, the AMCC, dan the ASEAN-Japan Cybersecurity Capacity Building Centre.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More