Forgot Password Register

Headlines

Di Luar Delegasi Negara, Apa Itu IMF-WB 2018 di Mata Warga Bali?

Direktur Pelaksana Dana Moneter (IMF), Christine Lagarde dan Presiden World Bank Group Jim Yong Kim (Foto: Instagram/IMF) Direktur Pelaksana Dana Moneter (IMF), Christine Lagarde dan Presiden World Bank Group Jim Yong Kim (Foto: Instagram/IMF)

Pantau.com - Gelaran Pertemuan Tahunan International Monetary Fund World Bank 2018, besok (Jumat, 14 Oktober 2018) segera ditutup. Namun, apakah masyarakat Bali tahu apa itu acara IMF-WB? 

Dari beberapa warga Bali yang ditemui mereka mengetahui tentang kegiatan apa itu pertemuan IMF-WB. Salah satunya rider Gojek asal Benoa, Gede Putu Suryaka. 

Ia mengaku mengetahui soal IMF dari adalah sebuah agenda tentang keuangan. Memang tidak terlalu detail Gede Putu menjelaskan soal apa saja isu yang dibahas IMF.

"Iya saya tahu, itukan agenda yang membahas soal keuangan, saya tahu juga karena IMF kemarin ke Lombok," katanya kepada Pantau.com, Sabtu (12/10/2018).

Baca juga: Muncul Game Of Thrones di Pidato Jokowi yang Kejutkan Peserta IMF-WB

Gede juga bersyukur agenda ini membuatkanya mendapat pemasukan tambahan. Pasalnya, ia hanya nyambi untuk menjadi mitra Gojek.

"Lumayan mbak, soalnya sayakan nyambi, tapi ini lumayan dapatnya, banyak yang dari Jakarta," tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Debi, salah satu pegawai Westin Hotel. Ia mengatakan IMF adalah sebuah pertemuan yang membahas tentang utang seluruh dunia. Pertemuan ini tambahnya dilakukan kurang lebih setiap 3-4 tahun.

"Itukan untuk meghitung utang-utang seluruh dunia gitu ya mbak. Makanya diadakan disetiap negara, kira-kira diadakan setiap 3-4 tahun sekali," jelasnya.

Terkait beberapa isu lain yang dibahas di IMF, Debi mengaku tidak banyak mengikuti. Tetapi, kegiatan juga membuatnya kerja ekstra. 

"Inikan nggak biasanya, jadi ada pemasukan tambahan. Kita lebih lama biasanya 9 jam sekarang jadi 12 jam," jelasnya.

Baca juga: Siapa Mother of Dragon dalam Siklus Perekomonian yang Disebut Jokowi?

Meskipun tidak secara detail, setidaknya warga Bali sudah mengetahui apa itu IMF yang diselengaran di kotanya. Lebih detail, mengutip rilis di Bank Indonesia, IMF-WB Annual Meetings (AM) adalah pertemuan tahunan yang diselenggarakan oleh Dewan Gubernur IMF dan World Bank. Annual Meetings dilaksanakan setiap tahun sekali pada awal Oktober di headquater IMF-WB di Washington DC, AS selama dua tahun berturut-turut.

Sementara untuk tahun berikutnya, Annual Meetings dilaksanakan di negara anggota terpilih. Pertemuan tersebut bertujuan untuk mendiskusikan perkembangan ekonomi dan keuangan global serta isu-isu terkini, antara lain: i) pengurangan kemiskinan; ii) pembangunan ekonomi internasional; dan iii) isu-isu global lainnya.

Pada bulan Oktober 2015, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah IMF-WB Annual Meetings 2018 (AM 2018). AM 2018 akan diselenggarakan pada tanggal 12-14 Oktober 2018 di Bali. Pertemuan tersebut akan menghadirkan total 15.000 peserta, yang terdiri dari Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara, sektor privat, NGOs, akademisi, dan media.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More