Pantau Flash
Indonesia Pimpin Klasemen ASEAN School Games 2019
Marc Klok: Saya Jamin PSM Juara Piala Indonesia 2018-2019
Harga Cabai Merah Keriting Tembus Rp100.000 per Kilogram
Satu Anggota YONIF 755 Tertembak dalam Kontak Senjata di Nduga
Kevin/Marcus Tantang Hendra/Ahsan di Final Indonesia Open 2019

Di Negara Ini Pohon Murbei Keluarkan Air Mancur, Kok Bisa?

Di Negara Ini Pohon Murbei Keluarkan Air Mancur, Kok Bisa? Pohon murbei di desa Dinosa, Montenegro. (Foto: YouTube)

Pantau.com - Fenomena unik nan langka terjadi di desa Dinosa, Montenegro, sebuah negara kecil di Eropa Selatan. Pohon murbei tua berubah menjadi air mancur setiap kali hujan lebat melanda.

Diwartakan laman Odditycentral, Selasa (19/3/2019) ini bukanlah editan ataupun rekayasa. Fenomena ini memiliki penjelasan masuk akal, yaitu padang rumput tempat pohon murbei tumbuh memiliki banyak mata air bawah tanah yang akan banjir saat hujan deras.

Baca juga: Punya Wajah Seram, Kambing 'Monster' Viral di Sosial Media

Tekanan mata air dari bawah inilah yang memompa air keluar melalui lubang pada batang pohon dan keluar melalui lubang di batang atau dahan pohon. Menurut penduduk setempat, fenomena ini sudah terjadi sejak 20 hingga 25 tahun belakangan.

"Pohon ini berumur 100 tahun, bahkan mungkin 150 tahun. Lubang di tengah batang pohon terbuat dari tekanan mata air bawah tanah dan menembus dahan, sehingga jadilah pemandangan indah," ujar penduduk lokal Emir Hakramaj.

Baca juga: Unik, Pria Ini Dipekerjakan untuk Membujuk Tamu Berendam Tanpa Busana

Fenoma serupa juga terjadi di kota Tuhala, Estonia, yakni air menyembut melalui sumur tua, atau warga sekitar menyebutnya Sumur Penyihir. Nama itu diambil setelah penduduk mengaitkan fenomena tersebut dengan legenda penyihir yang saling mengalahkan dengan cabang-cabang birch.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Rifeni
Reporter
Dini Afrianti Efendi
Category
Ragam

Berita Terkait: