Forgot Password Register

Dianggap Terlibat Serangan Senjata Kimia, AS Bakal Sanksi Rusia

Dianggap Terlibat Serangan Senjata Kimia, AS Bakal Sanksi Rusia Gedung Putih AS. (Foto: Reuters/John Pryke)

Pantau.com - Gedung Putih mengatakan, pihaknya sedang mempertimbangkan sanksi tambahan terhadap Rusia menyusul dugaan serangan gas beracun di Suriah. Namun hingga kini hal tersebut masih sebatas usulan.

"Kami sedang mempertimbangkan sanksi tambahan terhadap Rusia dan keputusannya akan dibuat dalam waktu dekat," kata Juru Bicara Gedung Putih Sarah Sanders, Selasa (17/4/2018).

Sementara itu, Duta besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Nikki Haley, mengatakan AS sedang mempersiapkan sanksi baru pada Rusia atas dukungannya terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Baca juga: Suriah Klaim Berhasil Cegat Seluruh Rudal yang Ditembakkan Amerika Serikat

Jika sanksi AS diberlakukan, maka koalisi internasional akan semakin solid untuk melakukan program penghancuran besar-besaran terhadap senjata kimia milik Suriah. Seperti diketahui, Assad adalah sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin.

AS juga memberlakukan sanksi terhadap 24 warga Rusia awal bulan ini, mengenai apa yang disebut badan intelijen AS sebagai campur tangan dalam pemilihan presiden AS. Moskow membantah melakukan kesalahan.

Washington telah mengatakan pihaknya memiliki bukti bahwa pasukan Suriah melakukan serangan senjata kimia mematikan pada 7 April, meski kunjungan oleh pengawas senjata kimia ke lokasi penyerangan yang dicurigai ditunda pada Senin.

Baca juga: Serangan AS ke Suriah Langgar Aturan PBB, Putin: Kacaukan Hubungan Internasional

Share :
Komentar :

Terkait

Read More