Pantau Flash
Ahsan/Hendra Raih Gelar Juara Dunia 2019
Hasil MotoGP Inggris 2019: Alex Rins Terdepan, Marquez Kedua
Soal Pemindahan Ibu Kota, Kemendagri Sebut Belum Tentukan Letak Pastinya
Putin Perintahkan Kemhan Rusia Balas Uji Coba Peluru Kendali AS
Catat! Ini Janji Menko Luhut Soal Solusi Masalah Sawit Indonesia

Diduga Palsu, Lima Lukisan Adolf Hitler Tidak Laku Dalam Pelelangan

Diduga Palsu, Lima Lukisan Adolf Hitler Tidak Laku Dalam Pelelangan Lukisan cat air ini tidak laku dijual dengan harga awal sekitar Rp 300 juta. (Foto: Auktionshaus Weidler via ABC News)

Pantau.com - Lima lukisan cat air yang disebut hasil karya diktator Nazi Adolf Hitler ketika dia masih muda, tidak laku dalam pelelangan di Kota Nuremberg di Jerman yang kemungkinan karena kekhawatiran lukisan-lukisan tersebut palsu.

Surat kabar Nuremberger Nachrichten melaporkan, Minggu (10 Januari 2019), tidak ada seorang pun yang mengajukan penawaran atas lukisan tesebut, yang ditawarkan dengan harga awal antara EUR19 ribu dan EUR45 ribu, antara Rp300 juta sampai Rp720 juta.

Tiga hari menjelang lelang, pihak penuntut menyita 63 lukisan lain yang diklaim dibuat oleh Hitler dari rumah pelelangan untuk menyelidiki tuduhan bahwa lukisan itu palsu, seperti dilansir ABC News, Senin (11/2/2019).

Baca juga: Kanada Miliki Buku Milik Adolf Hitler Buatan Tahun 1944

Di Berlin bulan lalu, jaksa penuntut menyita tiga lukisan cat air Hitler setelah mereka menerima laporan yang mempertanyakan keaslian lukisan-lukisan tersebut.

Lukisan-lukisan Hitler hampir tidak pernah terjual di Jerman, kata pelelang Heinz-Joachim Maeder, menggambarkan status tabo Hitler di negeri yang dianggap bertanggung jawab terhadap tindak kejahatan, termasuk pembasmian sekitar enam juta warga Yahudi semasa Perang Dunia II.

Ketika masih muda, Hitler memang pernah menjadi seniman ketika tinggal di Wina, Austria, semasa Perang Dunia pertama namun tidak berhasil. Mimpinya untuk menjadi pelukis terkenal tidak menjadi kenyataan setelah dia dua kali gagal ujian masuk ke Akademi Seni di Wina yang prestisius.

Baca juga: Inggris Sebut Putin Seperti Hitler, Rusia: Ini Sangat Menghina

Ratusan karya seni Hitler dilaporkan memang ada, meski sebagian besar dikuasai oleh Angkatan Darat Amerika Serikat, yang menyita karya-karya itu ketika pasukan Sekutu mengalahkan Jerman di Perang Dunia kedua. Koleksi karya seni Hitler ini tidak pernah dipamerkan ke umum.

Lukisan cat air ini tidak laku dijual dengan harga awal sekitar Rp 300 juta. (Foto: Auktionshaus Weidler via ABC News)

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: