Forgot Password Register

Digitalisasi Tingkatkan Inovasi pada Pertumbuhan Ekonomi

Seminar Seminar

Pantau.com - Ekonomi digital dinilai memiliki potensi yang membawa perubahan bermanfaat. Namun diperlukan kedalaman pemahaman mengenai dampak ekonomi maupun sosial termasuk regulasi yang tepat untuk mengambil manfaat yang lebih besar lagi.

Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Onny Wijanarko dalam seminar "Perkuat Sistem Pembayaran Non Tunai" mengatakan, kehadiran teknologi dalam perkembangan ekonomi menumbuhkan inovasi wirausaha dan pertumbuhan ekonomi

"Ojek sebelum ada Gojek diriset rata-rata cuma 5 penumpang tapi setelah ada gojek bisa sampai 16. Ini sektor informal meningkat, penjual yang tadinya tidak terakses ada digital tinggal pasang gambar orang udah lapar, sektor informal meningkat pesat. Kita semua rasakan," ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Baca juga: BI Sebut Mata Uang Virtual Tantangan Pengembangan Fintech di Luar Aturan Keuangan

Selain itu digitalisasi dalam kegiatan ekonomi juga dinilai memperluas akses yang lebih besar terutama pada inklusi keuangan dan UMKM.

"UMKM yang ada diujung sana, secara fisikal kan harus ada orang yang liat tapi dengan ada digital bisa pesan dan sampai ke wilayah-wilayah lain," ungkapnya.

Digitalisasi juga bila dimanfaatkan dengan baik dapat memudahkan pemerintah meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. "Sosial inclusivity-indentitas digital dapat meningkatkan layanan sosial dan publik menjadi lebih baik dan terjangkau," paparnya.

"Jadi kalau di Thailand ada digital ID, nggak hanya KTP. Hanya karena adanya teknologi digital," ungkapnya.

Baca juga: Ini Kata Bank Indonesia Soal Menjamurnya Fintech

Selain itu kehadiran digitalisasi juga memungkinkan hadirnya teknologi-teknologi batu yang menghadirkan inovasi yang memberikan manfaat lebih luas.

"Kehadiran teknologi baru (dlt blockchain) memperluas kesempatan untuk memberikan layanan yang lebih terjangkau lebih cepat dan lebih baik," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More