Pantau Flash
Winger Chelsea Gabung Inter Milan dengan Status Pinjaman
Menhub Minta Tarif Garuda Bisa Dijangkau Masyarakat
Waspada Virus Korona, Pemerintah Tutup Penerbangan Rute Wuhan China
Soal Virus Korona, Jokowi Perintahkan Pengawasan Diperketat
Ducati Resmi Luncurkan Desmosedici GP20

Digosipin Para Pemimpin Dunia, Ini Komentar Trump

Digosipin Para Pemimpin Dunia, Ini Komentar Trump Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. (Foto: Reuters/Kevin Lamarque)

Pantau.com - Sebuah video saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO di London viral di media sosial. Pasalnya, video tersebut menunjukkan para pemimpin dunia yang bergosip tentang Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Jadi bahan gosipan para pria, presiden kontroversial itu akhirnya buka suara. 

Dilansir Reuters, Kamis (5/12/2019), Trump menyebut Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau 'bermuka dua' setelah perdana menteri itu tertangkap kamera bercanda tentang konferensi pers Trump dengan para pemimpin dunia lainnya, seperti Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, dan putri Ratu Elizabeth Anne di pertemuan NATO yang digelar di London, kemarin.

Trudeau yang saat itu berada dalam acara resmi di Istana Buckingham untuk para pemimpin NATO menggambarkan betapa terkejutnya para pejabat AS oleh kinerja Trump saat konferensi yang digelar pada Selasa malam waktu setempat.

Baca juga: Para Pemimpin Dunia Bergosip Tentang Trump di KTT NATO

"Itukah sebabnya kamu terlambat?" tanya Johnson kepada Macron. "Itu konferensi pers 40 menit," sambung Trudeau. "Ya ya ya! Empat puluh menit". Kata-kata lainnya yang diucapkan oleh perdana menteri yang baru memenangi pemilu Kanada itu adalah "Saya baru aja menyaksikan rahang timnya jatuh ke lantai," katanya sambil tertawa.

Ketika ditanya tanggapan Trump terkait video tersebut, presiden 73 tahun itu mengatakan "Dia bermuka dua". Trump menuturkan kalimat itu diucapkan oleh Trudeau lantaran perdana menteri itu kesal dirinya gagal memenuhi target yang menghabiskan dua persen dari output nasional untuk pertahanan.

"Saya melihat ia menjadi orang yang sangat baik tetapi Anda tahu kebenarannya adalah bahwa saya memanggilnya karena ia tidak membayar 2 persen. Saya melihat ia tidak senang tentang hal itu," kata Trump dalam konferensi pers berama Kanselir Jerman Angela Merkel.

Baca juga: Perancis Sesumbar Bakal Lebih Ganas Hadapi Intrik Amerika Serikat

"Itu sangat lucu ketika mengatakan bahwa pria itu bermuka dua," kata Trump secara terpisah.

Pada konferensi pers terakhir, Trudeau mencoba untuk meredam isu tersebut dengan mengatakan bahwa dirinya dan Trump menikmati pertemuan besar. Ia juga mencoba mengklarifikasi bahwa kalimat "rahang jatuh ke lantai" itu merujuk pada pengumuman lokasi pertemuan para pemimpin G7 berikutnya di retret presiden AS, Camp David.

"Kami semua terkejut dan saya merasa senang mengetahui bahwa G7 berikutnya akan berada di Camp David, saya pikir itu adalah pengumuman yang tidak terjadwal dan ... Saya pikir setiap pemimpin yang berbeda memiliki tim yang sekarang, dan kemudian rahangnya jatuh karena kejutan yang tidak terjadwal, seperti video itu sendiri misalnya."

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Internasional

Berita Terkait: