Forgot Password Register

Dirjen PAS: Pilihan Ahok Untuk Bebas Murni Tak Pengaruhi Remisi

Dirjen PAS: Pilihan Ahok Untuk Bebas Murni Tak Pengaruhi Remisi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Ade Kusmanto memastikan penolakan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk menggunakan hak bebas bersyarat tidak akan mempegaruhi pemberian remisi pada hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2018 mendatang.

"(Tolak bebas bersyarat) tidak ada pengaruhi remisi, Agustus tetap diusulkan," ujar Ade Kusmanto kepada Pantau.com, Jumat (13/7/2018).

Ade menjelaskan jika memang Ahok menolak menerima pembebasan bersyarat, maka Ahok akan menjalani hukuman penuh selama 2 tahun dikurangi remisi.

Baca juga: PDIP Siap Terima Ahok Jadi Kader Jika Sudah Bebas dari Penjara

"konsekuensinya adalah Pak Ahok menjalani hukumannya murni, 2 tahun full dikurangi remisi," ungkap Ade.

Ade menyayangkan kesempatan baik itu (bebas bersyarat) tak diambil Ahok, lantaran dengan program itu mantan suami Veronica Tan dapat segera menghirup udara bebas.

"Jadi kalau orang dihukum 2 tahun, dengan bebas bersyarat, pulangnya lebih cepat, tetapi dia ada kewajiban saat pulang lebih cepat adalah saat masa percobaannya. Kewajibannya adalah wajib lapor ke kantor balai pemasyarakatan, untuk menjalani bimbingan dari petugas pemasyarakatan di kantor balai pemasyarakatan," papar Ade.

Baca juga: Sang Anak Dikabarkan Kecewa Terhadap Ahok, Kenapa?

Namun Ade menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada Ahok tanpa ada sedikitpun intervensi.

Pada perayaan HUT Kemerdekaan RI, Ahok mendapat peluang mendapatkan potongan masa tahanan atau remisi selama ia mampu mempertahankan kelakuan baiknya di Lembaga Pemasyarakatan (LP).

"Macam-macam ada satu bulan, dua bulan, tiga bulan, empat bulan, tergantung masa pidana, dia sudah berapa lama mendapat masa pidananya," terang Ade.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More