Forgot Password Register

Ditahan KPK, Status Abu Bakar Dinonaktifkan Sebagai Bupati Bandung Barat

Ditahan KPK, Status Abu Bakar Dinonaktifkan Sebagai Bupati Bandung Barat Bupati Bandung Barat Abu Bakar (Foto: Antara/Hafidz Mubarak)

Pantau.com - Usai ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bupati Bandung Barat Abu Bakar dinonaktifkan untuk sementara waktu. Penonaktifan tugas bupati ini sebagai langkah agar Abu Bakar fokus terhadap penyelesaian proses hukumnya di KPK.

"Undang-undang sudah mengatur salah satunya kepala daerah tidak boleh melaksanakan tugasnya dan kewenangannya saat ditahan. Jadi itu sudah otomatis (dinonaktifkan)," kata Wakil Bupati Bandung Barat Yayat T. Soemitra di Kantor Pemkab KBB, Jumat (13/4/2018).

Baca juga: KPK Resmi Tahan Bupati Bandung Barat di Rutan Guntur

Berdasarkan aturan, Yayat akan menempati posisi bupati menggantikan Abu Bakar. Surat rekomendasi posisi pelaksana tugas akan terbit pada Senin (16/4/2018) oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Yayat mengaku kejadian ini sedikitnya telah memberikan dampak terhadap pelayanan terhadap masyarakat. Sebagai langkah awal, Yayat mengatakan akan memastikan bahwa seluruh pelayanan publik di Pemkab Bandung Barat tetap berjalan seperti biasa.

"Pengaruhnya pasti ada, untuk itu kami upayakan seminimal mungkin. Kalau perlu ini menjadi trigger (pemicu) untuk semua dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarajat," katanya.

Baca juga: Palak Kepala Dinas untuk Istri Ikut Pilkada, Bupati Bandung Barat Jadi Tersangka KPK

Terkait tiga kepala dinas yang juga terjerat kasus serupa, ia telah menginstruksikan jajarannya menghadap ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk berkonsultasi mengenai pergantian posisi.

"Khusus untuk jabatan (Kadis), tadi shubuh, saya sudah menginstruksikan untuk berkonsultasi. Langkah-langkah administratif sampai langkah teknis pengisian tiga jabatan yang kosong karena bermasalah hukum, ini harus segera diisi. Pengisiannya seperti apa mudah-mudahan Senin sudah ada," kata dia.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More