Forgot Password Register

Ditentang Banyak Dokter, Justru Para Bidan Rekomendasikan 'Water Birth'

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Prosedur persalinan di dalam air atau 'water birth' masih belum umum dipilih oleh ibu yang hendak melahirkan.

Selain kekhawatiran ibu, para dokter juga tidak terlalu merekomendasikan metode ini. Sementara, para bidan meyakini persalinan di dalam air ini harus ditawarkan kepada semua wanita hamil.

Seorang dosen kebidanan dari University of South Australia, Dr Megan Cooper mengatakan tidak adanya pedoman dan praktisi yang mumpuni adalah dua alasan mengapa persalinan di dalam air tidak lebih umum.

Baca juga: 3 Cara Ampuh Rampingkan Tubuh Setelah Melahirkan

"Metode ini tidak ditawarkan secara umum, sehingga perempuan sebenarnya memilih untuk pergi ke sektor kelahiran di rumah atau bidan praktik swasta untuk benar-benar mengakses opsi ini, karena mereka tidak dapat menemukannya di rumah sakit, di sistem rumah sakit," ujarnya.

Profesor Ted Weaver dari University of Queensland menyebut kekhawatiran sebagian dokter dan ibu yang melahirkan mengenai metode ini berhubungan dengan masalah yang muncul saat mandi atau berbahaya bagi bayi.

"Jelas ada kekhawatiran bayi menghirup air atau potensi tenggelam," kata Profesor Weaver.

"Saya pikir alasan utamanya adalah bahwa wanita akan mengatakan tidak bersedia karena mereka memiliki ketakutan tentang masalah potensial baik untuk diri mereka sendiri maupun bayi mereka sebagai bagian dari proses itu," pungkasnya.

Baca juga: Radang Gusi Pada Ibu Hamil Berbahaya untuk Janin

Profesor Weaver pun setuju bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan terkait kelebihan dan  manfaat metode ini.

"Mungkin harus ada (pelatihan lagi) karena lagi-lagi, ini tentang ketentuan membuat pilihan untuk perempuan ketika mereka dalam persalinan," ujarnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More