Forgot Password Register

Diterpa Isu Rasis, Presiden FIFA Nyatakan Siap Gelar Piala Dunia 2018

Diterpa Isu Rasis, Presiden FIFA Nyatakan Siap Gelar Piala Dunia 2018 Gianni Infantino. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Sebagai tuan rumah Piala Dunia, Rusia telah siap 100 persen. Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengatakan saat ia berbicara tentang kekhawatiran mencuatnya isu rasisme, hak asasi manusia dan keamanan di Beruang Merah itu seminggu sebelum turnamen tersebut dimulai.

Rusia menjadi tuan rumah turnamen sepakbola terbesar di dunia itu mulai 14 Juni hingga 15 Juli di 12 stadion yang tersebar di kota-kota termasuk Moskow, St Petersburg, dan Sochi. Infantino merasa yakin bahwa para fans akan merasa nyaman saat menonton pertandingan yang ada.

Baca Juga: FIFA Tuntut Perusahaan Ini Terkait Polemik Tiket Piala Dunia

"Saya kira kita dapat mengatakan bahwa Rusia 100 persen siap dan seluruh dunia benar-benar akan melihatnya ketika kita mulai pada 14 Juni dengan pertandingan antara Rusia dan Arab Saudi di Stadion Luzhniki," kata Infantino seperti dikutip Reuters, Kamis (7/6/2018).

"Semua orang akan dapat menyaksikan betapa indahnya stadion dan bagaimana penyambutan negara ini, bagaimana organisasi dan persiapannya akan berjalan. Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa."

Rusia telah mendapat pengawasan yang ketat dalam melaksanakan berbagai persiapan menggelar turnamen itu, termasuk masalah penggemar dan keamanan tim serta rasisme di pertandingan.

FIFA mendenda Rusia 30.000 franc Swiss (30.422 dolar AS) bulan lalu karena nyanyian diskriminatif oleh penggemarnya setelah pelecehan rasis diarahkan kepada pemain Prancis selama pertandingan persahabatan di St Petersburg pada Maret.

"Saya tidak akan mengatakan bahwa saya prihatin tentang diskriminasi, hak asasi manusia atau keamanan tetapi jelas kami menganggap ini sangat, sangat serius dan kami telah mengambil langkah yang tepat," tambahnya.

"Untuk pertama kalinya kami memeriksa pembangunan stadion, situs untuk memastikan kondisi pekerja dalam keadaan benar. Kemajuan nyata telah dibuat dalam hal hak asasi manusia dan cara kami menangani pertanyaan seputar hak asasi manusia," imbuhnya.

Infantino menjanjikan "lingkungan yang aman" bagi para penggemar yang datang ke kompetisi tersebut. Selain itu pihak keamanan juga bakal bekerja keras menjaga rtidak terjadi bentrok antar suporter.

"Pihak berwenang Rusia menyadari situasi keamanan dalam peristiwa besar seperti itu. Mereka bekerja sangat keras untuk mempersiapkan kerjasama dengan otoritas polisi dari semua pemerintahan di dunia, untuk sepenuhnya siap mengatasi masalah potensial. Setiap penggemar yang datang ke Rusia akan disambut di lingkungan yang aman untuk merayakannya. Apabila ada yang berpikir datang ke Rusia untuk membuat masalah, lebih baik tinggal di rumah saja," jelas pria berkepala plontos tersebut.

Baca Juga:Yang Perlu Diketahui Jika Ingin Menyaksikan Langsung Piala Dunia 2018 di Rusia

Share :
Komentar :

Terkait

Read More