Pantau Flash
Sempat ricuh, Rakernas PAN Belum Hasilkan Jadwal Kongres
Ditetapkan sebagai Tersangka, Gathan Saleh Menghilang
Sumbang Emas, Beatrice/Jessy Putus Paceklik Juara Tenis di Sea Games
Jadi Tersangka, Vicky Prasetyo Santai Jalani Pemeriksaan
Soal Kabareskrim Baru, Gus Yaqut: Kapolri Pilih Orang yang Tepat

Ditolak FPI, 'Kucumbu Tubuh Indahku' Wakili Indonesia Masuk Nominasi Oscar

Ditolak FPI, 'Kucumbu Tubuh Indahku' Wakili Indonesia Masuk Nominasi Oscar Film 'Kucumbu Tubuh Indahku'. (Foto: Instagram)

Pantau.com - Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' garapan Garin Nugroho menjadi kontroversi di negeri sendiri setelah dianggap ceritanya menyinggung LGBT. Sementara di luar negeri film tersebut resmi mewakili Indonesia di ajang Oscar 2020. 'Kucumbu Tubuh Indahku' mampu menyisihkan dua film lainnya '27 Steps Of May' dan 'Ave Maryam'.

Baca juga: Ciri Khas Film Buatan Garin Nugroho 'Out of the Box'

'Kucumbu Tubuh Indahku' masuk dalam kategori International Feature Film di ajang Oscar mewakili Indonesia. Nantinya, film tersebut akan bersaing dengan film-film lainnya seperti 'Parasite' dari Korea Selatan dan 'Weathering With You' dari Jepang.

"Setelah dilakukan penilaian dengan seksama, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, Indonesian Academy Awards 2019 menetapkan film berjudul Kucumbu Tubuh Indahku sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia ke Academy Awards ke-92 untuk kategori International Feature Film," ujar Sheila Timothy, selaku Sekretaris Komite Film Indonesia dalam konferensi pers di XXI Lounge Plasa Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' bercerita tentang seorang penari Lengger bernama Juno yang memiliki bakat menari yang begitu luwes meskupun dia adalah laki-laki. Di film ini Juno diceritakan mulai dari masa kecil, remaja hingga dewasa.

Baca juga: Garin Nugroho Manfaatkan Teknologi dalam Membuat Film

Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' pernah diputar di 25 negara. Kini, film tersebut kembali berkesempatan untuk mengharumkan nama bangsa di kancah dunia sekelas ajang Piala Oscar yang akan digelar pada 9 Februari 2020 di Dolby Theatre Hollywood, Amerika.


Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - RYN
Category
Ragam

Berita Terkait: