Pantau Flash
BI Prediksi Turis Muslim Akan Capai 158 Juta Orang Tahun Depan
Utang Luar Negeri Indonesia Menjadi 395,6 Miliar Dolar AS
Tol Terpeka Digratiskan Selama Sebulan
Tol Terpeka Diklaim Jadi Jalur Produktif Pulau Sumatera-Jawa
Rupiah Menguat 20 Poin, Kini di Angka Rp14.058-14.120

DMI Minta Seluruh Umat Islam Gelar Salat Minta Hujan

DMI Minta Seluruh Umat Islam Gelar Salat Minta Hujan Satgas Karhutla Riau berupaya melakukan pemadaman di tengah pekatnya asap kebakaran lahan gambut di Pekanbaru, Riau, Rabu (18/9/2019). (Foto: Antara/Rony Muharrman)

Pantau.com - Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengajak seluruh umat Islam terutama pengurus rumah ibadah untuk melaksanakan shalat Istisqa dengan harapan turun hujan sehingga dapat mengurangi dampak buruk kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Kita sudah lakukan komunikasi terutama provinsi yang terdampak Karhutla agar melakukan shalat Istisqa dan berdoa secara khusyuk dan minta pertolongan pada Allah agar turun hujan," kata Direktur Program DMI, Munawar Fuad Noeh di Gedung Graha BNPB Jakarta.

Menurutnya upaya religius tersebut merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan umat muslim agar bencana Karhutla segera teratasi. Kemudian, para pengurus juga diminta menjadikan masjid sebagai pusat singgah penampungan dan evakuasi kabut asap.

Baca juga: Video Hujan Guyur Wilayah Indragiri Hilir, Percepat Pemadaman Karhutla Riau

Ia menjelaskan, Karhurla tidak bisa dikatakan sebagai musibah atau ujian saja melainkan sebuah peringatan kepada manusia karena eksploitasi terhadap alam yang berlebihan mengakibatkan bencana besar.

"Oleh karena itu solusi terbaik dan tercepat adalah kita memohon adanya rahmat dan pertolongan dari Allah SWT," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan telah berkoordinasi dengan DMI agar mengajak umat secara bersama berdoa dan melaksanakan shalat Istisqa. "Kami berharap DMI bisa bekerja sama agar informasi yang berhubungan dengan pencegahan maupun penanggulangan bisa disinergikan dengan komponen masyarakat," kata dia.

Baca juga: Fokus Atasi Karhutla, Mendagri Larang Kepala Daerah Melancong

Hal itu, kata dia, sejalan dengan pesan Presiden agar mengutamakan pencegahan dibandingkan penanggulangan. Kemudian, masyarakat terus diajak melakukan pencegahan perluasan titik api.

Dalam hal ini, peran DMI dibutuhkan agar di berbagai kesempatan dan kerja keras petugas dalam memadamkan api diiringi doa.

Doni menyakini sebagai umat beragama kuasa tuhan bisa mengubah keadaan menjadi lebih baik.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Nasional

Berita Terkait: