Forgot Password Register

DPR Segera Panggil Mendagri Terkait Ribuan e-KTP Tercecer

DPR Segera Panggil Mendagri Terkait Ribuan e-KTP Tercecer Gedung DPR (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memerintahkan Komisi II DPR segera memanggil Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo untuk meminta penjelasan terkait tercecernya ribuan e-KTP di Bogor.

"Saya sudah minta kepada Komisi II untuk meminta penjelasan lengkap kepada Menteri Dalam Negeri," ujar Bamsoet di Senopati, Jakarta Selatan, Senin (28/5/2018).

Baca juga: Wakil Ketua DPR Minta Polisi Usut Tuntas e-KTP Tercecer

Meski begitu, Bamsoet tak menampik ia telah mendengar jawaban Mendagri bahwa KTP tersebut merupakan KTP yang telah rusak, namun Bamsoet tetap bersikukuh perlunya penyidikan kepolisian untuk mendalami lebih lanjut.

"Dari kepolisian saya juga sudah minta kepada Komisi II untuk mendorong kepolisian untuk melakukan penyelidikan, walaupun kita sudah mendengar dari pihak kepolisian bahwa tidak ada unsur pidana," katanya.

Lebih jauh Bamsoet juga bersyukur, ratusan KTP itu telah disita dan diamankan aparat berwajib, sehingga kepolisian harus memastikan data-data vital itu tidak disalahgunakan kelompok tertentu.

"Kami meminta kepastian bahwa nama-nama yang tertera dalam KTP itu harus dipastikan memiliki KTP yang aslinya, dan punya hak suara nanti dalam Pileg," katanya.

Baca juga: KPK Bantah Ribuan e-KTP yang Tercecer di Bogor Adalah Barang Bukti

Sayangnya, Bamsoet juga telah mendapat penjelasan Mendagri bahwa alasan KTP itu disimpan di gudang lantaran pemerintah tidak bisa sembarangan memusnahkannya dan harus mendapat persetujuan KPK.

"Walaupun kita sebelumnya sudah membaca juga, penjelasan Mendagri itu adalah KTP  belum bisa dimusnahkan, karena harus dengan persetujuan KPK, karena menyangkut pertanggungjawaban berita acara," tutupnya

Share :
Komentar :

Terkait

Read More