Forgot Password Register

Headlines

Duh! 6,87 Juta Orang Menganggur, Paling Banyak Lulusan...

Duh! 6,87 Juta Orang Menganggur, Paling Banyak Lulusan... Pembangunan Jalan Tol (Foto:Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran pada Februari 2018 mencapai 6,87 juta orang atau menurun 140 ribu dibandingkan periode sama 2017 sebesar 7,01 juta orang.

"Dalam setahun terakhir, pengangguran berkurang 140 ribu orang, sejalan dengan tingkat pengangguran terbuka yang turun menjadi 5,13 persen pada Februari 2018," kata Kepala BPS, Suhariyanto, dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (7/5/2018).

Suhariyanto menambahkan, tingkat pengangguran terbuka di daerah perkotaan dalam periode ini tercatat lebih tinggi dibandingkan perdesaan, yaitu masing-masing sebesar 6,34 persen dan 3,72 persen.

Baca juga: Rawan Jadi Objek Makelar Anggaran, Sri Mulyani Fokus ke Pemda

"Dibandingkan setahun lalu, tingkat pengangguran di perkotaan dan perdesaan mengalami penurunan, masing-masing sebesar 0,16 persen dan 0,28 persen," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan tingkat pendidikan, tingkat pengangguran terbuka tertinggi ditempati warga berpendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yaitu mencapai 8,92 persen diikuti pendidikan Diploma I/II/II sebesar 7,92 persen.

"Dengan demikian, terdapat penawaran tenaga kerja yang tidak terserap, terutama pada tingkat pendidikan SMK dan Diploma," jelasnya.

Baca juga: Tetap Eksis, Usaha Camilan 'Jadul' Ini Raup Jutaan Rupiah

Ia juga mengatakan, tenaga kerja dengan pendidikan rendah cenderung mau menerima pekerjaan yang ditawarkan, yang terlihat dari tingkat pengangguran terbuka untuk lulusan Sekolah Dasar (SD) hanya sebesar 2,67 persen.

Sedangkan, tingkat pengangguran terbuka untuk lulusan SMP tercatat mencapai 5,18 persen, SMA 7,19 persen dan Universitas 6,31 persen dalam periode Februari 2018.

"Dibandingkan kondisi setahun lalu, peningkatan tingkat pengangguran terbuka tidak hanya terjadi pada tingkat pendidikan Diploma, namun juga Universitas dan SMA," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More