Forgot Password Register

Duh, Cahaya Biru Handphone Ancam Kebutaan Mata

Duh, Cahaya Biru Handphone Ancam Kebutaan Mata Ilustrasi handphone. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Layar handphone yang memancarkan cahaya ternyata amat berbahaya bagi mata, bahkan dapat berdampak pada kebutaan. 

Universitas Toledo di AS mengatakan, paparan sinar biru secara terus menerus terhadap mata mampu memicu molekul beracun yang akan dihasilkan dalam sel-sel peka cahaya di mata yang berimbas pada degenerasi makula.

Seperti dikutip Pantau.com melalui laman Metro, Sabtu (11/8/2018), kondisi ini tidak dapat disembuhkan karena pengaruhi bagian tengah pengelihatan,

Baca juga: Intip Nih, Tips Ampuh Atasi Varises dengan Make Up

Cahaya biru pada handphone diketahui memiliki panjang gelombang lebih pendek dan lebih banyak energi dibandingkan warna lainnya, dan dipastikan secara bertahap dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

"Kami terpapar cahaya biru secara terus menerus dan kornea mata serta lensa tidak dapat memblokir atau memantulkannya," ujar Asisten profesor Departemen Kimia dan Biokimia Dr Ajith Karunarathne.

Baca juga: Masih Kebayang Kantor Lama? Move On Dong!

Dalam eksperimen yang dilakukan Dr Ajith mengungkap sudah bukan rahasia lagi bahwa cahaya biru merusak pengelihatan lewat retina.

Degenerasi makula mampu mempengaruhi 2,4 persen populasi orang dewasa di Inggris, kondisi ini akan membuat orang pada usia 50 hingga 60 tahun alami kerusakan mata yang cukup parah. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More