Forgot Password Register

Dukungan TGB ke Jokowi Tak Pengaruhi Demokrat

Dukungan TGB ke Jokowi Tak Pengaruhi Demokrat Tuan Guru Bajang (Foto: Antara/Ahmad Subaidi)

Pantau.com - Pengamat politik sekaligus CEO Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan menilai dukungan M Zainul Majdi atau yang lebih dikenal Tuan Guru Bajang (TGB) terhadap Jokowi tidak akan memengaruhi Demokrat. Pasalnya TGB bukanlah tokoh penting di tubuh partai berlambang mercy tersebut.

"Saya kira TGB bukan tokoh sentral Demokrat jadi kalau AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) bisa pindah mungkin bisa ya, karena dia mulai dianggap mewakili Demokrat setelah SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)," ujar Djayadi di Jalan Cisadane 8, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/7/2018).

Baca juga: Zulkifli Hasan Sambangi Rumah SBY, Bahas Poros Ketiga?

Meski begitu, Djayadi tidak menampik apabila TGB memiliki keunggulan sebagai tokoh Islam yang cukup terkenal di NTB. Sehingga efeknya akan baik untuk Jokowi yang memang dianggap masih kurang Islami.

"Tapi TGB selama ini lebih dikenal sebagai tokoh yang mewakili islam secara umum kemudian tokoh NTB atau nashdlatulwaton, tokoh islam mirip-mirip NU (Nahdlatul Ulama) di NTB," katanya.

Baca juga: PKB 'Pede' Jokowi Menang di Pilpres 2019

Djayadi juga menilai, peluang TGB untuk masuk ke koalisi Jokowi sebagai anggota non partai dianggap sulit lantaran, meski ia kuat di ranah keislamannya, TGB juga dianggap masih kalah pamor dengan tokoh-tokoh lainnya.

"Selain TGB ada tokoh lain yang bisa dianggap lebih sentimen keislaman misalnya Mahfud MD, Cak Imin (Muhaimin), dan Romahurmuziy," kata Djayadi.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More