Forgot Password Register

Efek Rumah Kaca Rekaman Single Baru Pakai Panggilan Video WhatsApp

Efek Rumah Kaca (Foto: Instagram/@sebelahmata_erk) Efek Rumah Kaca (Foto: Instagram/@sebelahmata_erk)

Pantau.com - Efek Rumah Kaca akhirnya meluncurkan karya terbarunya meski sang vokalisnya, Cholil Mahmud sedang mengenyam pendidikan di New York, Amerika Serikat.

Grup musik yang digawangi Cholil Mahmud (vokal/gitar), Akbar Bagus Sudibyo, (drum), dan Poppie (bassist) itu, pada Sabtu (26/5/2018), resmi merilis singler berjudul 'Seperti Rahim Ibu'. 

Akbar Bagus Sudibyo menuturkan, lagu tersebut dibuat 'jarak jauh' antara Cholil yang masih di New York dengan personil ERK di Indonesia. Jarak tersebut yang menjadi hambatan selama proses penggarapan.  

"Jadi waktu pembuatan lagu ini Cholil masih di New York. Dia udah ngasih notasinya. Terus kita coba latihan pake Skype, tapi ternyata nggak bisa Skype-nya," cerita Akbar ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Baca juga: Kolaborasi Efek Rumah Kaca-Najwa Shihab Lahirkan Single 'Seperti Rahim Ibu'

Mereka pun beralih ke panggilan video WhatsApp. Meski lebih baik dari sebelumnya, namun percakapan mereka kerap terjeda sekitar dua detik karena jarak komunikasi yang lumayan jauh.

Setelah dicoba berkali-kali, mereka pun akhirnya rekaman single tersebut bersama Cholil tergabung lewat panggilan video.

"Kita latihan dua atau tiga jam. Terus ada dia (Cholil) ikut sambil WhatsApp call di studio. Itu pertama kali kita bikin aransemen lagunya di situ (WhatsApp)," kata Akbar.

Baca juga: Mundur sebagai Delegasi Bekraf, Efek Rumah Kaca Putuskan Berangkat ke Amerika Serikat

Meski terkesan dipaksakan, sebenarnya lagu tersebut telah tercipta sejak beberapa bulan lalu. Bahkan pernah dinyanyikan secara langsung di program televisi yang dipandu jurnalis Najwa Shihab, bersama Cholil yang saat itu tengah pulang ke Indonesia

Akbar mengatakan, 'Seperti Rahim Ibu' memang khusus dibuat untuk menjadi soundtrack dari program televisi Najwa. Bahkan Najwa sendiri lah yang menulis lirik lagu tersebut. 

"Jadinya udah lama. Cuma mau rekaman tertunda terus. Jadi baru bisa rilis sekarang," tutup Akbar. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More