Forgot Password Register

Egoisme Seorang Donald Trump 'Ludahi' KTT G7

KTT G7 di Kanada. (Foto: Reuters) KTT G7 di Kanada. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Presiden Amerika menyerang Kanada dan negara-negara Eropa dengan menuduh mereka mencoba untuk mengambil keuntungan dari AS. Tak hanya itu, AS juga mengkritik sikap negara Eropa yang tidak ingin memenuhi kewajiban keuangan mereka dalam NATO.

Presiden AS Donald Trump melanjutkan dengan kritiknya terhadap negera sekutu terdekat menyusul pertemuan G7 yang panas. "Maaf, kami tidak bisa membiarkan teman-teman kami, atau musuh, memanfaatkan kami untuk berdagang lagi. Kami harus mengutamakan pekerja Amerika itu!" kata Trump seperti dikutip Pantau.com dari Sputnik, Selasa (12/6/2018).

"Perdagangan yang adil sekarang disebut perdagangan bodoh jika tidak timbal balik," kata dia. Hal itu mengacu pada kebijakan perdagangan Kanada yang diduga tidak adil dengan AS pasca perang dingin Trump dengan  Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Baca juga: Disemprot Kanada Saat KTT G7, Donald Trump: Kami Balas Juli Nanti!

Kewajiban NATO

Presiden AS Donald Trump saat tengah berada di Singapura guna menjalani pertemuan bersejarah dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Kewajiban keuangan NATO dianggap Trump sebagai sebuah langkah yang tepat bagi negara-negara Eropa.

"AS membayar hampir seluruh biaya NATO untuk melindungi banyak dari negara-negara dalam perdagangan. Uni Eropa memiliki surplus USD151 miliar dan harus membayar lebih banyak untuk militer," kata Trump saat KTT G7.

Jerman adalah salah satu negara yang menjadi sasaran kritik paling keras oleh penghuni Gedung Putih saat ini.

"Jerman membayar 1 persen dari PDB terhadap NATO, sementara kita membayar 4 persen dari GDP yang jauh lebih besar," ungkap Trump.

Ia menambahkan, AS selalu melindungi Eropa, yang terakhir mencoba untuk mengambil keuntungan yang tidak adil dari perdagangannya.

Baca juga: Viral! Jabat Tangan Emosioal Macron dengan Trump, Nih Buktinya

Pejabat Jerman Tetap Tenang

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, pernyataan Trump yang memperburuk sekutu Eropa dalam G7 adalah sebuah hal yang sangat mengecewakan.

"Saya tidak akan mengabaikan format G7. Ya, kali ini sulit (KTT G7), itu mengecewakan, tetapi tidak berakhir seperti ini," ungkap Merkel.

Pernyataan Merkel muncul setelah Trump menolak untuk mendukung komunike akhir KTT G7 dan mengenakan tarif atas baja dan aluminium yang diimpor dari Eropa, Kanada dan Meksiko, yang memicu kekhawatiran akan kemungkinan perang dagang.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More