Forgot Password Register

Facebook Aktifkan Fitur 'Safety Check' di Lokasi Bom Surabaya

Facebook Aktifkan Fitur 'Safety Check' di Lokasi Bom Surabaya Ledakan bom di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS), Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018). (Foto: ANTARA FOTO/HO/HUMAS PEMKOT-Andy Pinaria)

Pantau.com - Facebook mengaktifkan fitur 'Safety Check' terkait peristiwa ledakan bom yang terjadi di tiga gereja di Surabaya dan Rumah Susun Wonocolo di Sidoarjo, Jawa Timur, yang terjadi Minggu (13/5/2018).

Ditambah lagi serangan bom di Polrestabes Surabaya, pada Senin (14/5/2018).

'Safety Check' merupakan fitur untuk mengirim notifikasi ke teman dan saudara tentang kondisi pengguna akun Facebook yang aman dari peristiwa berbahaya.

Baca juga: Kronologi Ledakan Bom di Polrestabes Surabaya

Jika pengguna sedang berada di lokasi kejadian ledakan bom, maka sistem Facebook akan secara otomatis mengirimkan notifikasi ke perangkat mobile.

Setelah itu pengguna akan memilih option 'I'm Safe' atau 'Doesn't Apply to Me', untuk memberitahukan kondisi pengguna.

Baca juga: Pantau Foto: Dahsyatnya Serangan Bom di Tiga Gereja di Surabaya

Facebook pertama kali memperkenalkan fitur fitur Safety Check pada tahun 2011 lalu. Pada awalnya dikembangkan untuk memberi tahu teman dan keluarga bahwa mereka selamat dalam sebuah bencana. Seperti bencana alam, banjir dan gempa bumi.

Kemudian, baru pada tahun 2015, fitur itu digunakan setelah terjadinya aksi-aksi teror, salah satu peristiwa ledakan bom. 

'Safety Check' beberapa kali pernah diaktifkan saat tragedi bom yang terjadi di Paris Prancis, Brussel Belgia, dan serangan bom bunuh diri pada konser Ariana Grande di Manchester, Inggris.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More