Forgot Password Register

Facebook Temukan 1,9 Juta Konten Terorisme Sejak Awal 2018

Ilustrasi Faceboolk (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi) Ilustrasi Faceboolk (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Facebook buka-bukaan soal data di platform-nya. Ya, di kuartal pertama tahun 2018, Facebook menemukan 1,9 juta konten terkait terorisme, baik dari Al-Qaeda dan ISIS.

Media sosial besutan Mark Zuckerberg itu mengungkapkan konten terorisme di Facebook meningkat 73 persen dari tahun 2017 yang hanya mencapai 1,1 juta konten.

Baca juga: Facebook Tegas 'Bantai' Akun-akun Terorisme dan Kekerasan

Melansir The Verge, Kamis (17/5/2018), temuan konten terorisme itu hasil dari teknologi Machine Learning Facebook, yang mampu menyaring konten teroris dan radikal di platformnya.

Dengan Machine Learning, Facebook mampu menemukan 99,5 persen konten berbau terorisme, sedangkan sisanya adalah laporan dari penggunanya.

Tak cuma konten terorisme, Facebook juga melaporkan konten bermasalah lainnya, seperti konten kekerasan grafis. 

Baca juga: Kemkominfo Bareng Facebook Cs Hapus Ratusan Konten Terorisme dan Radikalisme

Laporan terbaru Facebook ini merupakan bagian dari Community Standard Enforcement Report yang mencatat upaya Facebook dalam memoderasi konten pada periode Oktober 2017-Maret 2018. Hal ini dilakukan untuk memberikan transparansi bagi masyarakat.

Facebook akan merilis laporan ini dua kali setahun. Tujuannya agar pengguna bisa mengetahui upaya dan tantangan Facebook memerangi konten terorisme, radikalisme dan konten negatif lainnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More