Pantau Flash
New York Mulai Larang Penjualan Rokok Elektrik Bercita Rasa
UU Pemasyarakatan Beres, Napi Koruptor Bisa Mudah Bebas Bersyarat
Pesawat Twin Otter Hilang Kontak dalam Penerbangan dari Timika ke Ilaga
Hafiz/Gloria Terhenti di Babak Pertama China Open 2019
KTM: Posisi Johann Zarco Digantikan Mika Kallio hingga Akhir Musim

Fadli Zon Minta Tokoh dan Pemimpin Turun Tangan Redam Kerusuhan di Papua

Fadli Zon Minta Tokoh dan Pemimpin Turun Tangan Redam Kerusuhan di Papua Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon (Foto: Pantau.com/ Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta para tokoh dan pemimpin bangsa turun tangan terkait kerusuhan yang terjadi di Papua Barat. Menurutnya para tokoh dan pemimpin harus duduk bersama agar masalah ini berlarut-larut dan meluas.

"Jadi tentunya memang para tokoh dan pemimpin bisa mendudukkan ini bersama dan jangan membiarkan berlarut-larut terutama mereka yang menjadi influencer atau tokoh berpengaruh harus duduk bersama menenangkan supaya ini enggak merembet dan menjadi bola salju," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Baca Juga: Manokwari Rusuh, Polisi Cari Penyebar Konten Video Provokasi

Fadli berkeyakinan Indonesia merupakan negara paling bertoleran sedunia. Soal kerusuhan di Papua lantaran diakibatkan adanya kekerasan terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang. Menurut Fadli, hal tersebut sebenarnya tidak seharusnya terjadi.

"Saya pikir kita sudah melampaui itu ya, bahwa interaksi kita tidak ada lagi yang membedakan perlakuan terhadap agama, suku, golongan etnis dan sebagainya. Indonesia termasuk paling toleran, saya yakin Indonesia paling toleran sedunia," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah mahasiswa menggelar aksi protes di Kota Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8/2019), pukul 08.00 WIT. Akibatnya, sejumlah ruas jalan di sana macet total. Aksi protes itu merupakan imbas dari insiden kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya pada 16 Agustus 2019 lalu.

Sejumlah ruas jalan di Manokwari, terutama jalan Yos Sudarso yang merupakan jalan utama kota Manokwari diblokade massa yang mengakibatkan aktivitas masyarakat maupun arus lalu lintas lumpuh.

Baca Juga: Kerusuhan Manokwari: 3 Polisi Jadi Korban, Kapolda dan Pangdam Dilempari

Tidak hanya memblokade jalan saja, dalam aksi tersebut warga juga menebang pohon dan membakar ban di jalan raya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: