Forgot Password Register

Fahri Hamzah Kenang Masa-masa Reformasi Bersama Amien Rais

Fahri Hamzah (Foto: Antara/Aprilio Akbar) Fahri Hamzah (Foto: Antara/Aprilio Akbar)

Pantau.com - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengenang masa-masa reformasi 20 tahun silam. Fahri juga menceritakan alasan mahasiswa saat itu memilih Amien Rais sebagai tokoh reformasi. 

Menurutnya, saat itu Amien merupakan tokoh nasional yang menawarkan gagasan final yakni suksesi nasional.

"Dalam catatan mahasiswa, sejarah yang memilih Pak Amien perlunya suksesi nasional ketika itu. Saya kira baru Pak Amien Rais yang berbicara suksesi, salah satu seminar Pak Amien secara konsisten katakan perlunya suksesi nasional, bukan reformasi," ujar Fahri Hamzah di acara 20 Tahun Refleksi Reformasi, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/5/2018).

Baca juga: Kenang 20 Tahun Reformasi, Ini Kata Dua Anak Mantan Presiden RI

Suksesi nasional menurut Fahri, jauh lebih baik jika dibanding dengan reformasi, karena suksesi mengarah kepada perubahan yang konsisten secara terus menerus dan bertahap. 

"Kesalahan fatal apabila MPR kembali memilih kembali Soeharto, pada pemikirannya dia (Amien) profesor politik, itu yang kita terjemahkan kepada ideal reformasi, dari otoriterisme sampai demokrasi," katanya.

Cerita mantan politikus PKS itu terus berlanjut, dimana saat itu Amien Rais tengah berada di Belanda, namun di tanah air para mahasiswa telah membuat suatu pergerakan besar dengan membentuk kesatuan aksi mahasiswa di seluruh Indonesia. Saat Amien pulang, Fahri melapor kepada Amien tentang gerakan itu.

"Saya sampaikan kepada Pak Amien, dan Pak Amien siap, gerakan itu kalau tidak ada figurnya susah juga, kita tahu kita harus punya tokoh senior yang kredibel," katanya.

Baca juga: Fahri Hamzah: Amien Rais 'Kumat' Karena Jokowi Seperti Sopir Bajaj

Fahri mengatakan, satu jawaban Amien yang lagi-lagi berhasil membuat ia bergeming adalah, Amien dengan lantang menolak tawaran mahasiswa jika tuntutannya bukan menginginkan Soeharto untuk lengser.

"Jawaban Pak Amien, 'Mas Fahri kalau anda katakan kepada saya kurang dari meminta Pak Harto mengundurkan diri anda salah alamat'," cerita Fahri tirukan jawaban Amien Rais.

Dengan pemikiran yang sama bila reformasi mustahil digelar jika Soeharto masih berkuasa, akhirnya Amien Rais menerima tantangan para mahasiswa yang diwakili Fahri Hamzah.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More