Forgot Password Register

FIFA Bahas Kompetisi Baru Bernilai Miliaran Dolar

Presiden FIFA Gianni Infantino (Foto: REUTERS/Martin Acosta) Presiden FIFA Gianni Infantino (Foto: REUTERS/Martin Acosta)

Pantau.com - FIFA memulai pembahasan mengenai dua usulan kompetisi baru untuk membentuk kembali persepakbolaan internasional yang bernilai miliaran dolar bagi badan sepak bola dunia itu.

Presiden FIFA, Gianni Infantino mengemukakan rencana-rencana ambisius menciptakan versi baru Piala Dunia Antarklub dan kompetisi liga antarnegara.

Rencana tersebut didiskusikan oleh perwakilan dari enam konfederasi di markas FIFA Zurich, Swiss, Senin (30/4/2018).

Para pejabat FIFA belum berkomentar soal batas waktu, namun Philippe Moggio, sekjen CONCACAF (Konfederasi sepak bola Amerika Utara, Tengah dan Karibia) mengatakan bahwa dalam rapat itu ada keinginan kuat untuk melangkah maju.

Baca juga: Pawai Obor Asian Games 2018 Akan Keliling Nusantara, Ditunggu Yuk!

Rencana itu sendiri sudah pernah diajukan pada pertamuan Dewan FIFA di Bogota, Maret lalu.

Awal bulan ini, Infantino menegaskan bahwa sejumlah investor telah menunjukkan ketertarikan untuk mendukung perluasan Piala Dunia Antarklub namun belum komentar soal nilai investasi --yang sempat dilaporkan bernilai hingga 25 miliar dolar AS untuk periode 12 bulan--.

FIFA dalam pernyataannya menyebutkan bahwa pertemuan tersebut berlangsung dalam suasana 'positif dan penuh persahabatan'. Dan satu kelompok kerja telah dibentuk untuk menganalisis relevansi dan kelayakan kedua kompetisi tersebut.

Baca juga: Sebagai Pemegang Lisensi Piala Dunia 2018, FMA Gandeng Twitter

Dalam rancangan FIFA, Piala Dunia Antarklub akan melibatkan 24 tim, termasuk 12 dari Eropa, dan berlangsung tiap empat tahun sekali.

Sementara itu untuk kompetisi liga antarnegara merupakan versi baru kompetisi yang diperkenalkan oleh UEFA dan CONCACAF.

Dalam kompetisi global itu, tim-tim nasional di tiap-tiap benua akan dibagi dalam divisi-divisi berdasarkan peringkatnya. Akan ada sistem promosi dan degradasi seperti halnya dalam kompetisi domestik.

Masing-masing divisi dibagi dalam grup-grup, dimana pemenangnya lolos ke babak sistem gugur.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More