Forgot Password Register

Film '22 Menit' Angkat Para Pahlawan di Tragedi Bom Thamrin

Eugene Panji (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati) Eugene Panji (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com - Masih ingat seorang pengemudi Ojek Online (ojol) yang sempat viral saat peristiwa bom bunuh diri di jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat? Ojol itu menjadi perbincangan karena tindakannya menolong seorang penumpang yang syok terekam pada cctv.

Aksi heroik itu juga akan menjadi bagian skenario dari film 22 Menit garapan sutradara Eugene Panji dan Mirna Paramita. Eugene mengatakan, lewat film tersebut ia ingin mendeskripsikan seperti apa pahlawan di era saat ini. 

"Film ini menceritakan tentang pahlawan-pahlawan baru di dekade sekarang. Orang selalu mencibir, ah pasti Polisi. No, bahkan Ojol pun bisa. Kalau lihat hari itu orang yang seliweran banyak banget, kenapa Ojol itu yang nolong. Padahal waktu itu lagi tembak-tembakan. Itu yang mau gue angkat. Gila pahlawan era sekarang tuh kaya gitu bentukannya. Enggak harus lagi kaya Dipenegoro," tutur Eugene ditemui di jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. 

Baca juga: 5 Artis Ini Bergaya Lebih Dewasa dari Usianya, Ayo Tebak Siapa

Tujuan Eugene membuat film tersebut memang untuk merekam jejak peristiwa mencekam waktu itu. Menurutnya, berbagai peristiwa serupa seperti bom Bali 1 dan 2 hingga ledakan di Hotel JW Marriott, tak ada satu pun jejak sejarah yang bisa ditinggalkan dan dijadikan pembelajaran.

"Film ini kan terjadi di dekade gue. Jadi gue pengen waktu anak gue nanya tentang peristiwa bom ini dia bisa liat jejak peristiwanya di film ini," ucapnya. 

Baca juga: Dewi Perssik Mau Operasi Hidung? Netizen Malah Langsung Protes

Judul '22 Menit' sendiri terinspirasi dari kesigapan polisi yang berhasil meredakan peristiwa itu dalam jangka waktu 22 menit. Alur film pun Eugene bagi menjadi lima angle dengan 22 menit sebelum ledakan bom dan 22 menit sesudah peristiwa. 

"Jadi pertama 22 menit sebelum kejadian dari point of view pelanggan kopi shop ini. Lagi santai-santai terus tiba-tiba kejadian, mundur lagi 22 menit dari sisi Polantas yang ngeliat, biasa dia nilang, beresin kemacetan, begitu bom kejadian balik lagi ke poin of you yang lain. Udah dari lima poin of you itu terjadi barulah cerita itu linear, 22 menit menumpas itu," cerita Eugene. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More