Forgot Password Register

Film 'Terbang' Angkat Cerita Perjuangan Etnis Tionghoa di Masa Orba

Fajar Nugros dan Istri (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati) Fajar Nugros dan Istri (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com - Sutradara Fajar Nugros menegaskan tidak ada unsur SARA apa pun pada film "Terbang, Menembus Langit", yang digarapnya. Cerita film tersebut mengangkat soal warga negara Indonesia keturunan Tionghoa yang hidup di era orde baru. 

Lewat film tersebut pria yang pernah menyutradarai film "Marmut Merah Jambu" itu justru ingin mematahkan stigma tentang orang keturunan Tionghoa dimata masyarakat. 

"Ada stereotipe 'Ah keluarga China mah baru lahir aja langsung enak hidupnya'.  Kita mau nunjukin bahwa gak semua begitu," kata Fajar saat mempromosikan film Terbang di SMA 3 Setiabudi, Jakarta Pusat, Rabu (18/4/2018).

Baca juga: Intip Kegiatan 'Incesss' Syahrini di Bucharest, Romania

Hal itu coba ia buktikan melalui cerita pada film "Terbang" yang diadaptasi dari kisah nyata seorang keturunan Tionghoa bernama Onggi Winata. Pada film itu digambarkan bagaimana perjuangan Onggi yang harus rela merantau ke Surabaya dari tanah kelahirannya di Tarakan demi bisa bersekolah.

Onggi yang dikisahkan tumbuh berkembang pada era orde baru memang mengalami banyak kesulitan untuk bisa sekolah bahkan hingga mencari kerja. Kesulitan itu tak lain karena dirinya merupakan keturunan Tionghoa, satu etnis yang kerap mendapat batasan dalam bertindak ketika masa itu. 

"Kalau keluarga Tionghoa harus bisa survive selama masa orba. Itu bukti banyak juga keluarga Indonesia keturunan Tionghoa yang bahkan lebih terjepit (hidupnya) dari pribumi," ucap Fajar. 

Baca juga: Cerita Sabai Morscheck Tak Pernah Kasih ASI ke Bjorka dari Botol

Pada film yang dibintangi oleh Dion Wiyoko, Laura Basuki, Baim Wong, dan Dinda Hauw tersebut, sutradara 38 tahun itu ingin menyisipkan pesan bahwa syarat bangsa Indonesia terbentuk memang harus dengan keberagamannya. 

"Indonesia harus beda-beda gak bisa cuma satu. Dan Indonesia bisa memberikan apa saja kepada rakyatnya yang mau kerja keras," tutupnya. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More