Forgot Password Register

Headlines

Fix Nih, Liga 1 2019 Tidak Akan Gunakan VAR

Fix Nih, Liga 1 2019 Tidak Akan Gunakan VAR Teknologi VAR. (Foto: SBNation)

Pantau.com - Ketika kompetisi elit Eropa menggunakan teknologi video assistant referee (VAR), ini membawa hal positif kepada kepemimpinan wasit. Yap, keinginan publik untuk melihat Liga 1 2019 memiliki VAR dipastikan sirna.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga, memutuskan tak memakainya. Kepastian itu diucapkan direktur sementara PT LIB Dirk Soplanit, karena kompetisi kasta teratas Tanah Air musim ini belum bisa menggunakan teknologi VAR.

Baca Juga: Keputusan Menggunakan VAR, Wasit Liga Portugal Dilempari Benda Berbahaya

Tak diketahui yang menjadi dasar VAR tak digunakan di Liga 1 2019. Mengingat, beberapa ajang seperti Piala Menpora dan kompetisi sepakbola amatir Bandung Premier League sudah menerapkannya.  

"Saya kira, menurut pengamatan saya, belum sampai ke situ. Kami belum menerapkan itu," ujar Dirk yang juga menjabat sebagai anggota komite eksekutif (Exco) PSSI.

Publik memang sangat ingin Liga 1 2019 menggunakan VAR. Hal ini dinilai bisa memecahkan permasalahan yang sering kali terjadi ketika adanya keputusan kontroversial yang dilakukan wasit.

Baca Juga: PSSI! Ini Salah Satu Cara Hindari Pengaturan Skor

Teraktual, pertandingan Persija Jakarta kontra Kalteng Putra pada babak delapan Piala Presiden 2019. Saat itu wasit Thoriq Alkatiri mengesahkan dua gol berbau kontroversial.

Pertama, gol yang dicetak Patrich Wanggai. Padahal dalam tayang ulang penyerang Kalteng Putra tersebut menjebol gawang Persija menggunakan tangannya bukan kepala.

Lalu yang kedua, Thoriq juga mengesahkan gol Bruno Matos. Hal itu jadi perdebatan karena pesepakbola asal Brasil tersebut sudah berada di posisi off-side sebelum mengukir namanya di papan skor.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More