Forgot Password Register

Genjot Nilai Ekspor, Kemendag Gelar 'Good Design Indonesia 2018'

Kantor Kementerian Perdagangan. (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi Kantor Kementerian Perdagangan. (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi

Pantau.com - Kementerian Perdagangan berupaya mengembangkan produk-produk dalam negeri berbasis desain untuk tujuan ekspor, salah satunya melalui penyelenggaraan ajang seleksi "Good Design Indonesia" (GDI) 2018.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Arlinda mengatakan, ajang tersebut bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk dalam negeri yang memiliki nilai tambah melalui pengembangan desain, sekaligus mendorong kinerja ekspor nonmigas Indonesia ke pasar dunia.

"Diharapkan jumlah produk yang mengikuti seleksi tahun ini lebih banyak. Selain itu, karya yang memenangkan GDI juga semakin berkualitas, sehingga peluang untuk bersaing di pasar global semakin besar," katanya, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Baca juga: Upayakan Kemandirian, Kementerian Koperasi Dorong GP Ansor Dalami E-commerce

GDI 2018 merupakan ajang seleksi produk ekspor berbasis desain. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi dan mendorong para pelaku usaha untuk dapat mengembangkan produk berbasis desain. Melaui ajang tersebut diharapkan produk Indonesia berorientasi ekspor.

Ajang seleksi tersebut terbuka bagi semua pelaku usaha dan desainer, dengan syarat diproduksi di Indonesia, desainer dari dalam negeri, dan dipasarkan di Indonesia.

Pada tahun 2018, GDI akan melakukan penjurian terhadap enam kategori produk, yatu furnitur dan home d'cor, peralatan rumah tangga, gaya hidup dan aksesori, kemasan dan desain grafis, serta transportasi dan elektronik.

Baca juga: Menteri Darmin Santai Tanggapi Pelemahan Rupiah

Pada ajang tersebut, Direktorat Jenderal PEN bekerja sama dengan Japan Institute of Design Promotion (JDP), selaku penyelenggara kegiatan G-Mark di Jepang yang sudah berjalan sejak 1957.

Melalui kerja sama tersebut, para pemenang akan berkesempatan untuk langsung masuk pada tahap II pada kompetisi G-Mark tersebut, yang diharapkan dapan mendorong ekspor produk dalam negeri ke pasar Jepang.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More