Forgot Password Register

Genjot Rasio Pajak, Tokopedia dan Go-jek Jadi Sasaran Pemerintah

Menkominfo Rudiantara (Foto: Antara Foto/Aprilio Akbar) Menkominfo Rudiantara (Foto: Antara Foto/Aprilio Akbar)

Pantau.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, mitra bisnis seperti Tokopedia dan Go-jek bisa menjadi target peserta pajak baru. Kedua perusahaan dinilai memiliki mitra yang cukup banyak bahkan saat ini tercatat lebih dari 1 juta mitra.

"Kita tahu Go-Jek Tokopedia. Go-Jek driver kan ada (kemungkinan sekirar) 1 juta, Tokopedia juga. Itu sebetulnya bukan objek pajak tapi akan jadi peserta pajak baru," ujarnya saat pemaparan dalam acara OnlinePajak di Hotel Raffles Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/4/2018).

Baca juga: Online Pajak Gunakan Teknologi Blockhoin, Ini Tanggapan Menkominfo

Menurutnya, pajak bisa dikumpulkan dari mitra melalui perusahaan-perusahaan tersebut. Sehingga pajak terkumpul dari merchant-merchant yang ada di Tokopedia ataupun mitra-mitra Gojek.

"Harus terima kasih ke model bisnis begini, karena yang namanya Go-Jek bisa diwapu (wajib pungut) karena dia bisa collect pajak dari driver. Tokopedia juga bisa collect dari merchant-merchant nya," paparnya.

Baca juga: Budi Waseso Resmi Duduki Kursi Dirut Bulog

Ia menilai hal tersebut bisa mendongkrak tax rasio di Indonesia yang jumlahnya belum menggembirakan. Sehingga ia menilai butuh cara dan proses baru untuk menggenjot peningkatan tax ratio.

"Tax ratio di banding negara tetangga saja masih di bawah. Jadi salah satu caranya memanfaatkan teknologi, mencari proses dan cara baru. Pajak di pemerintah ini akan meningkatkan tax ratio dan meningkatkan pembayar pajak di Indonesia. Pendaftaran NPWP juga harus dipermudah, masyarakat harus dimudahkan," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More