Forgot Password Register

Gunung Kilauea Kembali Muntahkan Abu Vulkanik, Peneliti: Terparah Sejak 3 Mei 2018

Gunung Kilauea Kembali Muntahkan Abu Vulkanik, Peneliti: Terparah Sejak 3 Mei 2018 Abu vulkanik Gunung Kilauea. (Foto: Reuters/Terray Sylvester)

Pantau.com - Gunung berapi Kilauea di Hawaii meletus dari puncaknya memuntahkan abu vulkanik dan proyektil api ke wilayah pemukiman penduduk.

Melansir AFP, Jumat (18/5/2018), Observatorium Gunung Api Hawaii mengatakan, ledakan di dalam kawah Halemaumau Kilauea adalah yang terbesar sejak gunung berapi menjadi lebih aktif pada 3 Mei lalu. 

Abu vulkanik yang ke luar dari kawah mencapai tinggi 30.000 kaki (9.000 meter) dan jatuh ke arah timur laut. 

"Setiap saat, aktivitas dapat kembali menjadi lebih eksplosif, meningkatkan intensitas produksi abu dan memproduksi proyektil balistik dekat lubang angin," bunyi pernyataan tersebut.

Baca juga: Gunung Kilauea Erupsi Hebat, Penerbangan di Hawaii Siaga I

"Kami telah mendapat laporan tentang jatuhnya vulkanik di Taman Nasional Gunung Berapi Hawaii dan kami berharap orang-orang di sekitar Desa Volcano tidak terkena," kata Michelle Coombs, seorang ahli vulkanologi di US Geological Survei.

Kilauea adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia dan satu dari lima di Pulau Besar Hawaii. Itu mulai meletus pada 3 Mei 2018 lalu. Sekitar 2.000 sempat mengungsi.

Baca juga: PBB: 16 Ribu Bayi Lahir di Lokasi Pengungsian Rohingya Bangladesh

Kevin Kushel, penduduk di wilayah tersebut mengatakan, gumpalan asap bisa dilihat bermil-mil jauhnya.

"Saya baru saja pergi ke Pahoa dan itu adalah mimpi buruk yang penuh asap, orang-orang seperti saya hanya membayangkan membaca tentang Pompeii," katanya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More