Forgot Password Register

Hancurkan Terowongan Hizbullah, Pasukan Militer Israel Duduki Perbatasan Lebanon

Hancurkan Terowongan Hizbullah, Pasukan Militer Israel Duduki Perbatasan Lebanon Ilustrasi militer Israel. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Israel menempatkan pasukannya di perbatasan dengan Lebanon untuk bersiap dalam operasi perang guna menghancurkan markas kelompok Hizbullah.

Mengutip Sputnik, Selasa (4/12/2018), pasukan Pertahanan Israel (IDF) akan langsung memulai operasi itu pada hari ini untuk 'mengekspos dan menetralisir terowongan lintas batas' yang digunakan Hizbullah untuk menyerang Israel dari wilayah Lebanon.

Baca juga: Polisi Desak Dakwaan Terhadap PM Israel Benjamin Netanyahu Segera Dilaksanakan

Angkatan bersenjata Israel disebutkan telah mengetahui rencana Hizbullah sejak 2006 lalu, di mana mereka  membangun terowongan serangan di beberapa titik di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon. 

Pasalnya, Pimpinan Hizbullah Hader Hassan Nasrallah telah memberikan peringatan kepada pasukan militer Israel dalam sebuah rekaman. "Jika Anda berani menyerang, Anda akan menyesalinya," kata dia.

Baca juga: Lebanon Sebut Suriah Telah Membunuh Pengungsi Perang yang Kembali

Juru bicara IDF Ronen Manelis mengatakan, pembangunan terowongan Hizbullah ke wilayah Israel adalah bukti pelanggaran yang merecoki kedaulatan Israel.

"Kami melihat ini sebagai situasi yang sangat serius yang melukai Libanon dan warga Lebanon, dan kami meminta pertanggungjawaban pemerintah Lebanon. Kami memiliki bukti yang tak terbantahkan bahwa pemerintah Lebanon tidak mengendalikan perbatasan mereka. Uang Iran ada di sekitar terowongan ini," ujarnya.

Otoritas Israel secara konsisten menyebut Hizbullah sebagai "proksi teroris" Iran. Ia menegaskan, akan terus menghalangi upaya Iran untuk menggunakan Suriah dan Lebanon sebagai basis perang terhadap Israel.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More