Pantau Flash
CEO Bukalapak Achmad Zaky Digantikan Rachmat Kaimuddin
Tol Balikpapan-Samarinda Diresmikan Sebelum Natal 2019
Novel Baswedan: Kita Peringati Hari Antikorupsi dalam Keadaan Bersedih
Presiden Jokowi: Warung Kopi Lokal Diprioritaskan di Rest Area
Menteri Perdagangan: Izin e-Commerce Tidak Ada Pungutan Biaya

Hari Batik Nasional 2019 Akan Dirayakan di Dua Kota

Hari Batik Nasional 2019 Akan Dirayakan di Dua Kota Dua perwakilan dari Yayasan Batik Indonesia, Kepala Bekraf RI Triawan Munaf, Diana Santosa, dan E Ratna Utarianingrum dari Kementerian Perindustrian RI di Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (17/9/2019). (Foto: Antara/Dea N. Zhafira)

Pantau.com - Hari Batik Nasional 2019 akan dirayakan di dua kota yakni Jakarta pada 24-27 September dan Solo pada 2 Oktober.

"Acara ini merupakan sesuatu yang istimewa buat kita karena diadakan di dua tempat, yaitu di Jakarta dan Solo," kata Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia Jultin Ginandjar pada konferensi pers yang dilangsungkan di Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Baca juga: Produk Indonesia Curi Perhatian di Pameran NY NOW 2019

Di Jakarta, peringatan Hari Batik Nasional bertajuk 'Membatik untuk Negeri' akan dilangsungkan di Plaza Kementerian Perindustrian pada 24-27 September.

Perayaan tersebut nantinya dimeriahkan dengan peragaan busana batik rancangan desainer dari Yayasan Batik Indonesia oleh para ibu Duta Besar dari negara-negara sahabat, seperti Jepang, Thailand, hingga Brasil.

Akan ada pula pameran dan pasar batik murah yang menghadirkan koleksi batik tulis dan cap dari berbagai provinsi, hingga talk show harian mengenai batik.

Baca juga: Jadi Tren Fashion, Ini 5 Pesepakbola Dunia yang Pernah Kenakan Batik

Didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Kementerian Perindustrian, perayaan Hari Batik Nasional juga turut dilangsungkan di Istana Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah pada 2 Oktober.

"Tahun ini kita bikin Hari Batik ini spesial dan digandengkan dengan Bekraf Festival di Solo, yang merupakan festival ketiga setelah Bandung dan Surabaya. Sengaja digandengkan agar betul-betul terjadi event yang besar dan meriah," ujar Kepala Bekraf Triawan Munaf.

Dalam perayaannya di Solo, akan ada pasar batik yang diisi oleh para perajin batik yang memiliki ciri khas tersendiri, dan bertujuan untuk membangkitkan lagi pasar batik dalam negeri.

 

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - TIH
Category
Ragam

Berita Terkait: