Forgot Password Register

Hati-hati, Ternyata 'Ngupil' Itu Berbahaya Lho

Ilustrasi hidung  (Foto: Pixybay) Ilustrasi hidung (Foto: Pixybay)

Pantau.com - Siapa yang hobi memasukkan jari ke dalam lubang hidung alias 'ngupi'? Dan, ternyata kebiasaan itu bisa berbahaya lho.

"Jangan mengorek hidung dengan jari, karena jari itu kotor. Mukosa hidung sangat tipis dan mudah robek dan terjadi mimisan. Selain itu, di dalam hidup banyak pembuluh darah," kata dr S Hendradewi SpTHT (K) Msi Med, spesialis THT di RS dr Moewardi Surakarta, di Jakarta, Kamis (26/4/2018).

"Kalau tangan yang masuk ke hidung kotor, maka bakteri jahat bisa masuk dan bisa juga terjadi infeksi," lanjutnya.

Baca juga: Jangan Sedih, Menurut Penelitian Orang Kurang Tampan Cenderung Lebih Mapan

Hendradewi juga menyampaikan risiko terberatnya yaitu luka di dalam hidung yang muncul bisa menjadi bisul dan dalam kondisi parah bisa menyebabkan radang otak.

Kebiasaan lain yang berbahaya adalah mencabuti bulu hidung.

"Itu juga tidak bagus. Di dalam hidung ada rambut kasar dan halus bernama silia. Rambut halus ini mengeluarkan protein, vitamin, dan berfungsi untuk menyaring udara. Kalau dicabut, bisa luka dan dapat menyebabkan infeksi," jelasnya.

Baca juga: Anak 5 Tahun Susah Makan? Ini Trik dari Psikolog

Lalu bagaimana cara membersihkan hidung?

"Cuci hidung dengan cairan isotonis. Fungsi mencuci lubang hidung untuk menghilangkan partikel debu. Lakukan tiap hari karena bisa memperbaiki silia-silia, supaya tetap ada di hidung," tutup Hendradewi.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More