Forgot Password Register

Hei Kamu... Jangan Takut Deh Makan di Malam Hari

Ilustrasi makan malam (Foto: Pixabay) Ilustrasi makan malam (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kita pasti sudah sering mendengar bahwa makan di malam hari sebelum tidur tidak baik untuk kesehatan. Kondisi itu terkadang membuat kita tersiksa ketika merasakan lapar di tengah malam. Disaat merasa dilema seperti itu apa yang harus Kamu lakukan?

Apakah Kamu benar-benar percaya bahwa makan di malam hari sebelum tidur tidak akan membakar asupan kalori dalam tubuh mu sama sekali. Tentu saja itu mitos, hanya saja benar jika tingkat metabolisme akan sedikit lebih lambat dari biasanya.

Jika kita mengikuti manajemen pola makan yang baik memang seharusnya makan di sekitar waktu aktif Kamu. Namun makan camilan yang bisa memuaskan rasa lapar tidak berpengaruh terhadap upaya makan sehat Kamu. Artinya jika Kamu benar-benar merasa lapar di tengah malam sebaiknya makan.

Baca juga: Benarkan Sayur Bayam yang Dipanaskan Mengandung Zat Beracun?

Hindari makanan yang terlalu besar, karena tubuh Kamu harus bekerja lebih keras untuk mencerna. Tetapi jika Kamu terlalu sibuk sehingga hanya punya waktu makan di malam hari menjelang tidur, Kamu bisa mengonsumsi makanan dengan komposisi 40% sayuran, 40% karbohidrat, dan 20% protein.

Dan jangan langsung berbaring setelah makan, luangkan waktu untuk duduk membaca, menonton TV, mencuci piring, apa pun. Ini mengurangi risiko gangguan pencernaan dan asam lambung. Jika Kamu memiliki riwayat asam lambung, jangan makan dalam waktu satu jam setelah berbaring, kata Langer.

Hindari makanan apa pun yang berlemak, pedas, super manis, atau berkafein karena akan menyebabkan gangguan pencernaan, perut terasa tidak nyaman dan gangguan tidur.

Baca juga: Menu Sarapan Kamu Membosankan? Coba Resep Unik Ini!

Sementara makanan dengan berminyak atau lemak (seperti gorengan) akan membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Ini tidak hanya akan membuat Kamu susah tidur, tetapi juga bisa menyebabkan asam lambung.

Gula juga tidak bagus untuk tidur, jadi cobalah untuk menghindari hal-hal dengan banyak gula tambahan seperti permen atau cokelat. Jika Kamu benar-benar menginginkan sesuatu yang manis, sesuatu dengan gula alami seperti buah atau susu adalah pilihan yang lebih baik.

Camilan malam yang baik akan memiliki sekitar 200 kalori dengan karbohidrat kompleks dan protein.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More