Forgot Password Register

Catat! Hindari Olahraga Siang Hari Jika Tak Ingin Terdampak Ini

Catat! Hindari Olahraga Siang Hari Jika Tak Ingin Terdampak Ini Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Olahraga memang penting bagi kesehatan. Meski begitu, kamu juga harus paham soal waktu-waktu yang tepat untuk berolahraga. Pasalnya, kebanyakan orang berpikir bahwa olahraga di siang hari akan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh sehingga efektif untuk menurunkan berat badan.

Padahal, tidak demikian. Penelitian terbaru mengatakan jika olahraga di siang hari justru tidak efektif dan memiliki risiko kesehatan yang harus diwaspadai.

Melakukan olahraga di luar ruangan ketika suhu tinggi bisa mempengaruhi sejumlah kinerja otot pada tingkat sel.

Baca juga: Awas! Olahraga Sebelum Tidur Ternyata Membahayakan

Olahraga di siang hari yang terik, di mana saat suhu panas, lembab, dan tidak berangin, membuat keringat tidak dapat menguap. Hal ini menyebabkan tubuh tidak bisa efektif dalam mengeluarkan panas yang diproduksi tubuh setelah melakukan aktivitas fisik.

Ketika pengeluaran panas di tubuh ini tidak efektif, suhu tubuh akan meningkat ke level yang berbahaya secara cepat. Inilah yang nantinya akan berbahaya terhadap kesehatanmu.

Intinya, olahraga yang dilakukan pada suhu tinggi atau panas, menyebabkan tubuh akan mengalami kesulitan untuk menghilangkan panas sehingga menyebabkan suhu tubuh akan semakin meningkat. Hal ini tentu saja buruk, karena dapat menyebabkan berbagai dampak berbahaya bagi kesehatan.

Pada dasarnya, olahraga itu baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Hanya saja, kamu harus pintar-pintar meminimalisir segala risiko yang ada agar bisa tetap mendapatkan manfaat kesehatan yang ditawarkan dari melakukan aktivitas fisik.

Salah satu caranya adalah dengan menghindari melakukan olahraga ketika paparan sinar matahari terlalu terik di siang hari bolong, menggunakan pakaian yang nyaman dan berbahan tipis dan menggunakan tabir surya tahan air secara teratur.

Baca juga: Ini Alasan Jangan Pernah Lewatkan Olahraga di Pagi Hari

Selain itu, jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan sebelum, selama dan setelah olahraga untuk menghindari dehidrasi. Pasalnya, jika tubuh sudah mengalami dehidrasi, maka tubuh akan semakin sulit untuk menormalkan suhunya kembali. Hal ini tentu akan semakin memperburuk kondisi tubuh.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More